Viral Video Kentang Mampu Hilangkan Jerawat, Ini Faktanya!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Selalu ada yang viral setiap harinya. Di TikTok, ada salah satu penggunanya memberikan sebuah tips untuk mengatasi jerawat. Menurutnya, jerawat akan hilang dengan cara menempelkan kentang mentah di atasnya dan mendiamkannya selama semalaman.

Dari video yang tengah viral tersebut, pengguna @sierrastyle tersebut membuktikan keberhasilan tips tersebut.

Lantas, apa benar kentang mentah dapat mengatasi jerawat?

Dilanasir dari laman Popsugar, dokter kulit Joshua Zeichner, MD membenarkan tips ini.

“Kentang dapat membantu kulit dengan cara berbagai cara,” ujarnya.

“Pertama, sari pati kentang dapat meredakan peradangan dan menyerap minyak. Kedua, karena kentang kaya akan vitamin C, mereka dapat membantu menimalisir resiko timbulnya noda hitam ketika jerawat hilang,” jelas Zeincher.

Walau demikian, kata Zeincher, bukan berarti kentang dapat mengganti rangkaian produk skincare untuk mengatasi jerawat. Terlebih, belum ada penelitian yang membuktikan khasiat kentang untuk mengobati jerawat. Kentang hanya menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi jerawat di tengah situasi self-quarantine ini.

Efek samping menggunakan kentang mentah ke wajah

Di balik benar tidaknya tips tersebut, justru terdapat efek samping dari menempelkan kentang mentah ke kulit wajah.

Dilansir dari Healthline, beberapa studi klinis menunjukkan adanya kemungkinan terjadi alergi kentang bagi mereka yang menempelkan kentang mentah ke wajah. Partisipan yang terdiri dari anak-anak tersebut memperlihatkan reaksi negatif terhadap protein pengikat dalam kentang yang disebut patatin.

Dalam penelitian lain ditemukan bahwa sensitivitas kentang mentah berkaitan dengan alergi lateks pada orang dewasa, yakni rekasi negatif terhadap patatin.

Gejala alergi kentang meliputi:

Kulit merah dan gatal-gatal

Kulit menjadi bengkak

Hidung gatal dan berair

Kesulitan bernafas hingga anaphylaxis.

Khasiat kentang untuk tubuh

Walau demikian, bukan berarti kentang tidak memilki manfaat. Kentang merupakan sayuran yang kayak akan potasium, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6. Selain itu, kentang juga kaya akan serat. Sayuran yang satu ini sangat dianjurkan untuk mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat.

Mengonsumsi kentang tidak secara langsung bermanfaat untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, mengonsumsi kentang dalam jumlah sedang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.