Manfaat Minum Suplemen Kolagen untuk Kecantikan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Beberapa tahun belakangan, kolagen semakin sering dibicarakan. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, kini muncul berbagai produk kolagen bubuk yang diklaim dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Bagaimana jawaban ahli terhadap hal tersebut? Berikut ulasannya.

Apa itu kolagen

Kolagen adalah jenis protein berserat yang tak larut. Kolagen merupakan pembentuk utama dari tulang, kulit, urat, dan ligamen untuk memberikan struktur dan kekuatan.

Kolagen paling banyak terdapat di kulit, jumlahnya bisa mencapai 75-80%. Seiring dengan jaringan elestis, kolagen ditemukan di dermis, atau lapisan kulit tengah, bagian yang membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Selain itu, kolagen juga terdapat di pembuluh darah, kornea mata, gigi, hingga rambut. Kolagen merupakan komponen utama dari jaringan ikat. Kolagen sering kali diibaratkan sebagai lem yang menyatukan keseluruhan organ tubuh.

Mengonsumsi kolagen

Mengonsumsi kolagen bukanlah hal yang asing bagi manusia. Gelatin merupakan bentuk kolagen yang yang dimasak. Gelatin diperoleh dengan merebus kulit, tulang-belulang hewan dalam air. Biasanya gelatin digunakan sebangai pengental untuk membuath pudding, atau sebagai campuran yogurt, marshmellow, es krim, hingga kulit kapsul.

Manfaat kolagen untuk kulit

Dilansir dari lama Health, para ahli mengakatan bahwa suplemen kolagen tidak akan membuat kulit kita halus seperti bayai dalam waktu seketika. Namun, koladen dapat meningkatkan warna kulit seseorang.

Menurut Dematologis Debra Jaliman, mengonsumsi kolagen juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu proses perbaikan kulit tubuh dengan cara mendorong tubuh untuk membentuk kolagen baru.

Katanya lagi, kolagen bubuk terbukti memiliki sifat aktioksidan yang melindungi kulit dengan membatasi radikal bebas yang dapat merusak kulit. Dengan demikian juga, kolagen ini dapat memperbaiki kulit yang rusak sehingga mampu menyamarkan kerutan, garis halus, dan tekstur kulit.

Manfaat kolagen bagi tubuh

Selain untuk kesehatan kulit, mengonsumsi kolagen dapat memberika sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyelurh. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Suplemen kolagen yang kita konsumsi dapat bermanfaat untuk memperkuat struktur pembuluh darah dan meningkatkanya elastisitasnya sehingga akhirnya dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Semakin lancara aliran darah, maka semakin baik dalam mengangkut oksigen dan nutrsisi yang akan dibagikan ke seluruh organ, salah satunya kulit.

2. Membantu meredakan nyeri sendi

Kolagen dapat membantu menjaga kekuatan tulang rawan yakni jaringan seperti karet yang melindungi persendian.

Jumlah kolagen akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal tersebut menyebabkan biasanya pada usia tua, seseorang rentan mengalami gangguan sendi degenaratif seperti osteoartrisis. Dengan mengonsumsi suplemen kolagen, mengurangi resiko nyeri sendi.

3. Mencegah tulang keropos

Tulang sebagain besar terbuat dari kolagen sehingga memberikan struktur dan menjadikannya kiat. Sama seperti seperti kolagen dalam tubuh, massa tulang semakin buruk seiring dengan bertambahnya usia. Hal tersebut dapat menyebabkan osteoporosis yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa suplemen kolagen dapat membantu menghambat pengeroposan tulang yang menyebabkan osteoporosis.

4. Meningkatkan massa otot

Sekitar 1-10% jaringan otot tersusun dari kolagen. Protein ini diperlukan untuk menjaga otot agar kuat dan berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen koalgen mampu meningkatkan massa otot pada orang dengan gangguan sarcopenia, atau hilangnya massa otot yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Leave a Comment