5 Ramuan Obat Kumur Alami yang Ampuh Atasi Bau Mulut saat Puasa

Cuka apel Cuka apel

Muslimahdaily - Salah satu masalah saat berpuasa adalah bau mulut. Hal tersebut terjadi karena pada saat puasa, mulut memproduksi air liur yang kurang daripada biasanya. Air liur sendiri merupakan cairan pembersih alami untuk melindungi mulut dari bakteri dan virus. Akibatnya, semakin banyak bakteri dan virus yang berkembang dan menimbulkan bau mulut.

Untuk menghindari bau mulut, biasanya orang mengandalkan mouth wash atau obat kumur. Namun, obat kumur yang berada di pasaran dapat membunuh enzim alami yang terdapat di mulut. Belum lagi, biasanya obat kumur mengandung alkohol yang akan membuat mulut lebih kering.

Untuk mengakalinya, kita dapat membuat sendiri obat kumur herbal dari bahan-bahan alami. Berikut rangkuman Muslimahdaily untuk kamu.

1. Air garam

Tak hanya sebagai bumbu dapur, garam juga ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan bau mulut. Hal tersebut lantaran mengandung senyawa seperti chlorhexidine, yang mampu mengurangi plak gigi serta jumlah bakteri.

Obat kumur dari air garam cukup sederhana untuk dibuat. Cukup campurkan satu sendok garam dan satu setengah sendok teh soda kue ke dalam satu cangkir air. Berkumurlah semala 2-3 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cuka apel

Cuka apel mengandung banyak senyawa, seperti kalsium, kaliu, natrium, magniseium, belerang, tembaga, dan mineral lain yang bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya itu, sifat asam pada cuka apel mampu mengusir bakteri dalam mulut.

Membuat obat kumur dari cuka apel cukup mudah dilakukan. Kamu cukup camprukan satu sendok cuka apel ke dalam sepertiga gelas air. Diamkan terlebih dahulu selama 20 detik, barulah berkumur.

3. Kayu manis dan cengkeh

Kedua rempah-rempah ini ternyata juga dapat mengatasi bau mulut. Kayu manis mengandung aldhida sinamat yang mampu mengurangi jumlah bakteri dalam air liur. Sementara cengkeh memiliki sifat anti-septik yang dapat mengurangi bau mulut.

Untuk membuat ramuan obat kumur ini kamu cukup mencampurkan 10-15 tetes minyak kayumanis dan minyak cengkeh ke dalam satu gelas air hangat. Selain dapat mengurangi bau mulut, ramuan ini juga mempu mencegah gigi berlubang.

4. Peppermint dan tea tree oil

Daun peppermint mengandung senyawa klorofil yang mampu menetralisir bau. Daun peppermint ini juga memiliki sifat anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Mengatasi bau mulut dengan daun pepperminta cenderung mudah. Kamu tinggal mengunyah beberapa helai daun peppermint jika merasa bau mulut.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan dua sendok teh soda kue, 8-9 helai daun peppermint dua tetes tea tree oil ke dalam satu cangkir air hangat. Sebelum berkumur, pastikan mengaduknya terlebih dahulu, karena soda kue cenderung mengendap di bawah.

5. Paterseli dan daun mint

Seperti yang diketahui, mint sendiri sering kali digunakan dalam campuran pasta gigi, obat kumur, hingga es krim. Selain menyegarkan, ternyata mint berkhasiat menghilangkan bau mulut.

Untuk mengusir bau mulut, kamu dapat mengunyah kedua bahan tersebut sebelum diolah. Namun sebagai pilihan, kamu dapat mencampurkan satu cangkir air matang, dua sendok makan paterseli dan daun mint yang sudah dihancurkan dengan blender. Tuang hasilnya ke dalam wadah dan tutup wadah dengan rapat. Untuk berkumur, kamu cukup melarukan satu sendok teh cairan ini ke dalam cangkir.

Nah itu dia beberapa ramuan obat kumur yang dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana. Cukup mudah, kan?

Last modified on Jumat, 24 April 2020 16:59

Leave a Comment