Jangan Sampai Terlewat, Ini Tahapan Skincare saat Berpuasa

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan kulit. Apalagi pada saat puasa, kulit kita menjadi lebih kering. Jika tidak dirawat dengan baik, dapat menimbulkan resiko kulit dehidrasi hingga kulit kusam, lho!

Karena tidak bisa rutin mengonsumsi air, maka perwatan kulit dapat dilakukan dengan melakukan tahapan skincare. Apa saja tahapan tersebut? Yuk simak!

1. Gunakan pembersih wajah

Walau terdengar sepele, namun pembersih wajah cukup krusial dalam menjaga kelembaban kulit kamu. Jika salah pilih, kulit justru akan semakin kering dan dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih pembersih muka yang sesuai dengan tipe kulit. Pilih pembersih wajah yang memiliki pH normal untuk menjaga kelembaban kulit. Perhatikan juga kandungan yang terdapat didalamnya. Sebisa mungkin hindari pembersih yang menghasilakn banyak busa, karena busa dapat membuat kulit jadi lebih kering.

2. Selanjutnya, toner

Menggunakan toner merupakan tahapan wajib dalam skincare, terutama ketika menjalani ibadah puasa. Hal tersebut lantaran toner dapat menyeimbangkan pH kulit kamu dan membuatnya tetap terhidrasi dan lembab. Sebaiknya, hindari toner yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit jadi tambah kering.

3. Rutin menyemprotkan face mist

Nah, untuk menjaga kelembaban kulit selanjutnya adalah menyemprotkan face mist. Face mist menjadi penyelemat terutama ketika kulit terasa sangat kering. Walau banyak produk facem mist, sebenarnya kamu dapat membuat formula face mist-mu sendiri, lho. Tuangkan essence atau air mawar di wadah yang lebih kecil sehingga lebih praktis ketika digunakan.

4. Yang paling penting, moisturizer

Produk apa lagi yang paling wajib untuk menajaga kelembaban kulit kalau bukan moisturizer? Di saat kulit semakin kering akibat puasa, moistuzierlah penyelamatnya. Pastikan wajah kamu mendapat cukup moisturizer agar tetap lembab dan terhidrasi.

Perhatikan juga dalam memilih moisturizer. Jika memiliki kulit yang super kering, kamu dapat menggunakan produk dengan jenis cream. Sementara pemiliki kulit berminyak, sebaiknya menggunakan jenis gel.

5. Gunakan lip balm

Tak kalah penting, kesehatan bibir juga harus diperhatikan. Gunakan lip balm secara berkala untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah bibir pecah-pecah.

Nah, itu tadi rangkaian skincare yang dapat kamu lakukan selama menjalani ibadah puasa.

Leave a Comment