Menghaluskan Kulit Hingga Meningkatkan Imunitas, Ini 7 Manfaat Sayuran Pakcoy

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Penikmat hidangan oriental, pasti sudah tak asing dengan pakcoy. Sayuran yng juga disebut sebagai bhok coy ini memang asli dari dataran China. Di sana pakcoy telah dibudidayakan dan dikonsumsi selama lebih dari 5.000 tahun.

Tak hanya lezat, ternyata pakcoy memiliki segudang manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Dilansir dari laman Medical News Today, berikut ulasan Muslimahdaily untuk sahabat muslimah.

1. Menghaluskan kulit

Pakcoy kaya akan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan sehingga mampu membantu kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap. Selain itu, vitamin C juga penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen. Ketika dapat memproduksi kolagen dengan baik, maka kulit akan lebih halus dan terhindar dari kerutan.

2. Kesehatan tulang

Pakcoy sangat baik untuk kesehatan tulang lantaran kaya akan banyak nutrisi. Di antaranya zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K.

Kandungan zat besi dan zinc penting dalam memproduksi dan menjaga kolagen dalam tulang. Sementara itu, fosfor dan kalsium tak kalah penting untuk tulang. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Kemudian vitamin K dapat membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang yang dapat membantu mengurangi risiko patah tulang.

3. Mengurangi risiko kanker

Sayuran hijau yang satu ini ternyata mampu mnegurangi risiko kanker. Kandungan folat di dalam pakcoy bereran dalam memperbaiki dan mereproduksi DNA, sehingga dapat mencegah pemebentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA.

Tak hanya itu, pakcoy juga mengandung vitamain C dan E, serta beta-karoten. Nutrisi tersebut memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu melindungi sel terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Yang membuat pakcoy berbeda dari sayuran lain ialah kandungan mineral selenium. Nutrisi ini akan mendetoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh. selain itu, ia juga mampu mencegah peradangan dan mengurangi tingkat pertumbuhan tumor.

4. Menjaga tekanan darah

Kalium, kalsium dan magnesium yang terdapat di dalam pakcoy dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Menurut jurnal di American Journal of Clinical Nutrition, orang harus meningkatkan asupan potasiumnya. Hal tersebut berdasarkan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 mg kalium setiap hari akan menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang terlalu tinggi.

5. Menjaga kesehtan jantung

Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan B-6 di dalam pakcoy mampu menjaga kesehatan jantung. Vitamin B-6 dan folat akan mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homocysteine. Jika terlalu banyak senyawa tersebut di dalam tubuh, maka mampu merusak pembuluh darah dan menyebabkan berbagai masalah untuk jantung.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sayuran pakcoy ternyata juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lho Sahabat Muslimah. Selenium yang terdapat dalam pakcoy mampu meningkatkan respon kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel-T yang mengidentifikasi dan membunuh bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

7. Mengatasi peradangan dan stres

Pakcoy yang akan akan sifat antioksidan dapat membantu tubuh melawan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Pakcoy dan sayuran lain yang berdaun gelap seperti sawi hijau dan lobak hijau juga disebut sebagai sumber flavonoid yang baik yang disebut quetcetin.

Nah itu tadi 7 manfaat sayuran pakcoy untuk tubuh. Siap jadikan pakcoy dalam menu makanan sehari-hari sahabat muslimah?

Leave a Comment