4 Langkah Aman Melakukan Blackhead Extraction Sendiri di Rumah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Walau kegiatan di luar ruangan berkurang akibat adanya anjuran di rumah saja, namun bukan berarti masalah kulit wajah juga jadi berkurang. Pasalnya, ada beragam faktor yang justru membuat kulit kita malah semakin bermasalah saat di rumah saja. Faktor tersebut dapat berupa stres, kekurangan viamin D, hingga jadwal tidur yang berantakan.

Masalah kulit yang cukup sering terjadi adalah munculnya komedo atau blackhead. Masalah ini cukup menggangu lantaran dapat mempengaruhi tampilan hingga merubah tekstur wajah jika tidak segera diatasi.

Untuk mengatasinya, sahabat muslimah sebenarnya dapat menempuh berbagai cara. Mulai dari rutin menggunakan skincare hingga melakukan blackhead extraction. Namun, blackhead extraction akan lebih aman bila dilakukan di klinik kecantikan bersama ahli.

Walau demikian, ternyata sahabat muslimah bisa, lho melakukan blackhead extraction sendiri di rumah. Asal dilakukan dengan langskah yang sesuai dan bahan serta peralatanyang aman, komedo bisa hilang.

Sebelum memutuskan untuk melakukan blackhead extraction, sahabat muslimah harus dapat mengidentifikasi komedo terlebih dahulu. Pasalnya, orang sering salah mengira filamen sebasea sebagai komedo.

Melansir dari laman Popsugar, Ahli Kecantikan Candace Marino menjelaskan perbebdaan antara komedo dan filamen sebasea.

“Komedo dapat dikeluarkan, benar-benar hitam, tebal dan berlilin. Komedo terjadi akibat minyak di kulit yang mengeras sehingga menyumbat pori-pori dan membuatnya jadi lebih besar,” ujarnya.

“Sementara itu, filamen sebasea merupakan hal yang yang normal yang terjadi pada kulit. Cenderung lebih tipis dan warnanya lebih terang. Filamen ini tidak sepenuhnya menyumbat pori-pori dan tidak untuk diekstraksi,” tambahnya.

1. Buka pori-pori dengan uap panas

Langkah pertama untuk melakukan blackhead extraction adalah dengan membuka pori-pori menggunakan uap panas. Untuk melakukannya, sahabat muslimah punya dua pilihan. Pilihan pertama yakni, menggunakan ready-make streamer yang dijual di pasaran. Namun, bila mengingkan cara yang lebih low budget, sahabat muslimah cukup menyediakan air hangat dan handuk.

Caranya, rebus air hingga cukup panas dan taruh ke dalam wadah seperti mangkuk atau baskom. Kemudian tambahkan sedikit teh ke dalamnya untuk memperoleh aroma layaknya di spa. Lalu posisikan wajah menghadap mangkuk dan taruh handuk di atas kepala sehingga uap panas dapat terjebak di area wajah. Lakukan selama tidak lebih dari 5 menit ya, sahabat muslimah!

2. Keluarkan komedo dengan kapas

Dibanding menggunakan serangkaian alat pencepit, blackhead extraction di rumah sebaiknya dilakukan dengan cara yang paling aman. Pasalnya, alat-alat tersebut sebaiknya digunakan oleh para ahli agar tidak merusak jaringat parut secara permanen.

Untuk itu, sebaiknya sahabat muslimah gunakan kapas bundar atau jenis kapas lain untuk mengeluarkan komedo. Caranya, jepit kulit secara bersama dan tekan ke atas. Sebaiknya tekan ke satu arah untuk menghindari munculnya bakteri dan jerawat.

3. Cuci wajah

Langkah selanjut adalah mencuci wajah. Hal ini dilakukan untuk mmembersikah kulit dari sisa-sisa langkah sebelumnya. Marino merekomendasikan produk cuci muka yang mengandung exfoliating acid untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Hindari penggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida karena dapat menciptakan efek rebound dan mengurangi produksi sebum di wajah.

4. Mendinginkan kulit dengan serangkaian skincare

Untuk menutup kembali pori-pori yang sebelumnya terbuka, kulit sebaiknya didinginkan. Sahabat muslimah dapat menggunakan es atau air dingin yang digosok ke area wajah secara perlahan. Setelah beberapa hari, sahabat muslimah dapat menggunakan serum yang yang menenengkan dan menghidrasi kulit.

Melakukan blackhead extraction di rumah memang terkesan mudah, namun bila dilakukan dengan cara dan alat yang salah, justru dapat menimbulkan beragam masalah kulit seperti jerawat, lho. Untuk itu, selalu berhati-hati sebelum melakukannya, ya sahabat muslimah.

Last modified on Minggu, 10 Mei 2020 15:13

Leave a Comment