4 Tips Bijak Mengatur Asupan Saat Lebaran Meski di Rumah Aja

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Tak terasa, lebaran tinggal menghitung hari. Seharusnya, ini akan menjadi ajang berkumpul dengan keluarga dan silaturahmi bersama sanak saudara. Namun, meski tahun ini kondisi tak memungkinkan, muslim di Indonesia nampaknya akan tetap merayakan dengan pesta makan opor ayam, ketupat, rendang, dan aneka macam kue lainnya yang nikmat di santap setelah berpuasa satu bulan penuh meski di rumah aja.

Biasanya sebagian orang akan kalap mata dan mencoba semua makanan yang disajikan di meja makan pada hari itu. Tentu hal tersebut tak baik bagi kesehatan jika dilakukan secara berlebihan.

Oleh karena itu, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mengontrol asupan makanan saat Hari Raya Idul Fitri, dilansir dari Halodoc:

1. Membatasi Jenis Makanan Bersantan dan Manis

Untuk menjaga kesehatan tubuh yang berkelanjutan, sahabat muslimah perlu membatasi jenis makanan bersantan dan manis pada hari raya. Makanan bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi sehingga dapat berisiko meningkatkan kolesterol. Sedangkan makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes, penambahan berat badan, dan kerusakan pada gigi.

2. Makan dengan Porsi Sedikit

Jika banyak pilihan makanan di meja makan, pilihlah beberapa makanan yang paling kamu sukai saja. Kemudian ambillah dengan porsi yang sedikit. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, maka jangan sampai makan secara berlebihan agar lambung tidak kaget. Lebih parah bisa terkena sakit maag, tentu sahabat muslimah tidak menginginkan hal tersebut bukan?

3. Jangan Lupa untuk Mengonsumsi Sayur

Walaupun saat lebaran akan banyak berbagai macam sajian daging. Namun, sahabat muslimah jangan sampai lupa bahwa tubuh kita juga membutuhkan asupan sayuran. Sayuran merupakan makanan sehat yang kaya akan serat. Selain untuk menjaga kesehatan, sahabat muslimahjuga bisa terhindar dari kolesterol.

4. Berhentilah Makan saat Kenyang

Berhentilah makan saat perut merasa kenyang agar berat badan tidak cepat naik. Saat makan di hari raya, terkadang beberapa orang akan merasakan 'Lapar Palsu' sehingga tak bisa berhenti makan walau sudah kenyang. Sahabat muslimah bisa mengalihkan hal tersebut dengan mengobrol dengan keluarga atau minum air putih.

Empat tips di atas tentu bisa sahabat muslimah terapkan saat lebaran nanti. Mengkonsumsi makanan yang disajikan saat lebaran merupakan bentuk terima kasih kepada ibu atau keluarga yang telah menyiapkan. Tetapi, sahabat muslimah juga perlu memperhatikan atau mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh untuk menjaga kesehatan.

Allah berfirman dalam QS. Al-A'raf ayat 31 yang artinya "Makan dan Minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."

Leave a Comment