Buat Lebaran di Rumah Aja Lebih Seru dengan 3 Kegiatan Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Lebaran tahun ini pasti akan terasa berbeda dibandikan tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, lebaran kali ini kita hanya akan merasakan lebaran di rumah saja. Bahkan Pemerintah menganjurkan untuk melakukan shalat Id di rumah masing-masing.

Namun tahukah Sahabat Muslimah, hal ini justru dapat dijadikan momen spesial untuk lebih dekat dengan keluarga, lho. Bagi Sahabat Muslimah yang memiliki rutinitas kerja yang cukup sibuk, waktu yang dimiliki untuk berada di rumah tergolong lebih sedikit dibanding berada di tempat kerja. Momen inilah yang harus Sahabat Muslimah manfaatkan agar kedekatan dengan keluarga menjadi lebih hangat dan harmonis. Satunya dengan melakukan kegiatan bersama keluarga.

Perlu untuk selalu diingat, suasana hangat dalam keluarga akan membawa perubahan besar bagi keharmonisan, lho. Hal ini sangat penting bagi kesehatan jiwa dan psikologis seluruh anggota keluarga. Sosialisasi dalam keluarga yang tetap terjaga tentunya juga akan mengurangi stress yang akhir-akhir melanda akibat pandemi.

Selain kegiatan di atas, Muslimahdaily juga akan menyajikan tiga kegiatan lainnya saat lebaran yang dapat dilakukan di rumah saja. Yuk simak.

1. Menata ulang rumah bersama keluarga

Sahabat Mulimah dapat melakukan kegiatan bersama seperti menata ruang bersama keluarga. Kegiatan ini dapat dilakukan sebelum atau pada saat lebaran. Menata ruang dapat dimulai dari pemilihan dekorasi dan wallpaper dinding yang sesuai dengan tema lebaran.

Kegiatan ini tentunya akan memberikan pengaruh positif dan kesehatan mental akan tetap terjaga. Jangan lupa untuk mengajak anak berdialog tentang penataan ruang yang ia inginkan untuk mengembangkan daya imajinasi mereka.

2. Masak dan makan bersama keluarga

Kegiatan ini mungkin sudah Sahabat Muslimah lakukan selama bulan Ramadhan. Ini juga menjadi ciri khas saat lebaran tiba. Biasanya, seluruh keluarga akan bergotong royong untuk memasak menu lebaran bersama. Menu lebaran inilah yang nantinya akan disantap bersama keluarga.

Namun tahukan Sahabat Muslimah, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dari sekedar rutinitas makan bersama keluarga. Salah satunya untuk mengajarkan anak agar belajar sopan santun saat di meja makan. Hal ini tentunya dapat membantu mengontrol emosi dan perilaku buruk, meningkatkan rasa kepercayaan dan saling tolong menolong antar anggota keluarga.

3. Membuat hampers bersama keluarga

Salah satu ciri khas ketika lebaran adalah dengan berbagi hampers ke orangtua, sanak saudara maupun untuk teman dekat. Perlu diingat, bahwa penting bagi Sahabat Muslimah untuk membedakan hampers sesuai dengan yang menerimanya.

Sahabat Muslimah dapat membuat sendiri hampers tersebut lho. Bersama keluarga, Sahabat Muslimah dapat berdiskusi tentang isi hampers agar sesuai. Contohnya dengan mengisi hampers dengan makanan-makanan sehat.

Itulah tiga kegiatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah saja. Jagalah suasana hati tetap senang untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Selain itu, untuk tetap menjaga silahturahmi dengan keluarga jauh, Sahabat Muslimah dapat melakukannya lewat Video Call, ya. Semoga bermanfaat.

Last modified on Sabtu, 23 Mei 2020 00:01

Leave a Comment