Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran dengan 5 Tips Ini

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Lebaran kerap kali menjadi momen untuk mencicipi semua makanan. Di hari inilah beragam jenis makanan tersedia dan tentunya akan menggugah selera makan kita. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, semur hingga aneka kue yang ada membuat kita sulit untuk berhenti mengunyah.

Hidangan-hidangan tersebut memang terlihat lezat, namun tahukah Sahabat Muslimah, bahwa makan secara berlebihan akan berdampak pada berat badan.

Dapat dipastikan pula bahwa berat badan Sahabat Muslimah dapat melonjak tinggi apabila mengkonsumsi makanan dengan cara yang tidak benar. Kelebihan berat badan atau obesitas tentu menjadi salah satu gangguan kesehatan yang harus dihindari. Lalu bagaimana jika berat badan sudah terlanjur naik?

Sebenarnya, Sahabat Muslimah dapat menyiasatinya dengan tips dan tindakan yang benar, lho. Berikut Muslimahdaily akan membagikan tips menurunkan berat badan pasca lebaran.

1. Perhatikan porsi makan pasca lebaran

Mengubah porsi makan pasca lebaran tentu menjadi tips utama dalam program penurunan berat badan. Mungkin untuk awalnya akan terasa sangat sulit. Namun jika Sahabat Muslimah memiliki niat yang tinggi, rintangan ini akan cepat berlalu.

2. Ganti makanan berat dengan buah atau sayur

Apabila ketika lebaran Sahabat Muslimah hanya makan makanan berat atau makanan yang mengandung lemak, kalori atau kandungan lain yang dapat menaikkan berat badan, Sahabat Muslimah dapat menggantinya dengan buah atau sayur. Misalkan setengah porsi nasi diganti dengan buah atau setengah porsi opor ayam diganti dengan sayuran hijau.

Sayuran dan buah akan membuat perut kenyang lebih cepat. Sayuran dan buah juga bisa menjadi makanan pengganti camilan, lho.

3. Wajib mengembangkan kemampuan menghitung kalori

Tubuh manusia harus memiliki jumlah kalori yang seimbang untuk tetap sehat. Pria diharuskan memiliki 30 kkal kali berat badannya sedangkan wanita 25 kkal kali berat badannya.

Untuk tips yang satu ini, Sahabat Muslimah dapat membuat daftar jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

4. Ikuti program diet

Apabila berat badan tidak juga berkurang, mengikuti program diet dapat menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan. Ada banyak jenis program diet yang baik dilakukan pasca lebaran. Berikut Muslimahdaily akan membagikan dua diantaranya, yaitu:

· Diet Mayo

Jenis diet ini menekankan untuk menghindari penggunaan garam atau zat asin lainnya. Garam dipercaya dapat mengikat air yang masuk sehingga berat badan bertambah. Diet mayo memperbolehkan makan makanan apapun asal tidak dimasak dengan garam. Sahabat Muslimah juga diwajibkan minum air putih minimal delapan gelas per hari untuk membuang sisa-sisa garam yang masih ada di dalam tubuh. Diet mayo biasanya dilakukan secara rutin selama 13 hari.

· Diet Mediterania

Diet ini menjadi salah satu program diet yang cocok dilakukan pasca lebaran. Diet ini mengutamakan untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanaman, plant based food dalam porsi yang lebih banyak. Yang termasuk ke dalam plant based food adalah sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin yaitu, lebih dari 3-6 bulan.

5. Rajinlah berolahraga

Hal paling utama dari sederetan tips di atas adalah berolahraga secara teratur. Selain dapat membakar lemak, berolahraga juga sangat membantu tubuh menjadi sehat dan dapat membentuk tubuh ideal yang Sahabat Muslimah harapkan.

Itulah deretan tips yang dapat Muslimahdaily bagikan. Semoga bermanfaat.