7 Tips Untuk Tetap Awet Muda Menurut Pandangan Islam

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Seiring bertambahnya usia, tubuh kita pasti akan mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut salah satunya dapat berupa munculnya keriput pada beberapa bagian tubuh, terutama pada wajah. Biasanya para wanita akan sibuk untuk menghilangkan kerutan tersebut agar nampak selalu muda.

Melakukan perawatan dengan krim kecantikan ataupun facial yang harganya cukup menguras dompet. Namun, seringkali mereka lupa bahwa Islam sendiri telah memberikan solusi untuk merawat wajaha agar tampil awet muda. Tak perlu mengeluarka biaya yang besar, bahkan beberapa hal ini bisa dilakukan semua wanita kapanpun ia mau.

Berikut 7 tips untuk tetap awet muda dalam pandangan Islam:

1. Puasa Sunnah

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Seperti menahan hawa nafsu, melatih kesabaran, menjaga kesehatan tubuh, dan yang lainnya. Selain puasa wajib, sahabat muslimah juga bisa melakukan puasa sunnah. Selain manfaat di atas, ternyata puasa sunnah bermanfaat untuk mempercantik diri sahabat muslimah.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan produk kecantikan yang sudah ada sejak lama.Tak perlu diragukan lagi manfaatnya terhadap kulit wajah. Apabila
memiliki wajah yang kering, minyak zaitun bisa menjadi pilihan. Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat melembapkan dan mengatur kadar minyak di wajah. Sering-seringlah menggunakan minyak zaitun apabila kulit sahabat muslimah kering ya.

3. Sering Berwudhu

Berwudhu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan ibadah shalat. Selain itu, air wudhu juga bermanfaat untuk kecantikan. Terdapat penelitian Prof Leopold Werner von Ehrenfels seorang psikiater dan neurology dari Austria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air wudhu dapat mempengaruhi pusat-pusat saraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki dan berdampak pada kesehatan kulit.

Namun, jangan sampai niat kita menjadi keliru ya. Sering berwudhu bukan betujuan agar terlihat lebih cantik. Namun, semata-mata karena ingin beribadah kepada Allah.

4. Tersenyum

Tersenyum merupakan tanda kebahagiaan dan juga merupakan kebaikan yang bisa kita sebarkan kepada orang lain. Saat tersenyum, otot-otot pada wajah yang digerakkan lebih sedikit dibandingkan ketika marah atau kesal, sehingga resiko timbulnya keriput pun menjadi menurun.

5. Selalu Berfikir Positif

Nah, selain tersenyum, berfikir positif bisa dilakukan untuk menghindari penuaan dini. Dengan berfikir positif maka kamu akan mengurangi beban pikiran yang akan menghindari kemungkinan stress. Jika senyum dan berpikir dilakukan berbarengan, maka akan meningkatkan kebahagiaan sehingga terhindar dari penuaan dini.

6. Rajin Shalat tahajud

Salah satu shalat sunnah yang dianjurkan adalah shalat tahajud. Ternyata, rajin menunaikan shalat tahajud dapat membuat sahabat muslimah awet muda.

Sesuai hadist Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, "Siapa saja yang banyak menunaikan shalat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan/cantik di siang hari," (HR Ibnu Majah).

7. Menahan Amarah

Amarah merupakan emosi negatif yang lumrah dirasakan. Terkadang menahan amarah memang terasa sulit. Namun, jika kita berhasil melakukannya dalam jangka waktu yang sering, maka kamu akan tampak awet muda. Hal ini dikarenakan saat menahan marah, kita kamu akan mengurangi ketegangan otot-otot di wajah yang seringkali memicu timulnya keriput.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!