Stress Karena Rambut Rontok? 6 Tips Ini Bisa Mengatasinya

ILUSTRASI ILUSTRASI

Muslimahdaily - Salah satu masalah yang seringkali dijumpai oleh wanita berhijab adalah rambut rontok dan juga ketombe. Hal ini bisa jadi disebabkan karena rambut sudah ditutup jilbab saat dalam keadaan basah ataupun karena keringat yang banyak mengalir di kulit kepala.

Jika kedua masalah ini muncul, biasanya wanita berhijab akan mulai panik dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Untuk itu, berikut 6 tips ampuh untuk mengatasi permasalahan rambut rontok pada wanita berhijab, dilansir dari laman Beautynesia:

1. Memakai Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Biji kemiri sendiri mengandung 60-65 % minyak yang dapat mengatasi rambut rontok. Cara memakainya adalah cukup dengan menuangkan minyak kemiri pada telapak tangan lalu oleskan secara
merata pada rambut. Diamkan selama 1-2 jam kemudian bilas hingga bersih.

2. Menggunakan Hair mask

Salah satu tips yang juga bisa dilakukan sahabat muslimah yaitu dengan menggunakan hair mask atau masker rambut. Pilihlah hair mask yang cocok dengan jenis kulit kepalamu ya. Superconditioning untuk jenis rambut kering dan kasar sedangkan hair mask dengan calriflying untuk jenis rambut berminyak.

Oleskan hair mask pada rambut hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

3. Oleskan Minyak Zaitun 

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, loh. Salah satunya mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala lalu pijat selama 2-4 menit. Lakukan 30 menit sebelum keramas.

4. Parutan Jahe

Selain untuk bahan makanan, ternyata jahe juga bisa dijadikan solusi rambut rontok. Caranya adalah dengan mengupas dan membersihkan satu ruas jahe, kemudian parut jahe hingga halus dan letakkan pada bagian rambut yang rontok kurang lebih selama 20 menit. Lalu bilas dengan air.

5. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain jahe, ternyata jeruk nipis juga bisa menjadi pilihan sahabat muslimah. Kandungan vitamin C nya sangat baik untuk kesehatan rambut. Caranya sangat mudah, potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lalu gosokkan pada rambut sekitar 15 menit. Bilas rambut hingga bersih.

6. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak

Konsumsilah makanan yang rendah lemak dan mengandung banyak protein, vitamin B-6, B-12, dan C. Karena kandungan tersebut dapat memberika nutrisi pada rambut yang membuatnya menjadi lebih kuat. Selain itu, jenis makanan yang juga baik untuk rambut adalah buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment