Sering Luput dari Perhatian, Ini 3 Cara Tepat Menyimpan Skin Care dan Make Up

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap wanita pasti tak luput dari produk-produk skin care maupun make up. Bahkan beberapa wanita memilih untuk mencoba berbagai produk dalam satu waktu, mulai dari krim pagi-malam, serum, foundation, concealer, blush on dan produk kecantikan lainnya. Seringkali karena terlalu banyak, mereka akan menyimpannya dengan asal dan tak tertata dengan baik.

Padahal ada hal yang perlu diingat, bahwa menyimpan produk skin care dan make up tidak boleh sembarangan. Hal tersebut akan berdampak buruk pada kandungan produk. Mnegutip dari Wolipop, Harold Lancer, seorang dermatologi asal Amerika Serikat mengatakan bahwa suhu ruangan yang terlalu panas dapat menyebabkan krim wajah menjadi cepat basi. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menyimpan produk skin care di tempat yang gelap dan bersuhu dingin. Terutama yang memiliki kandungan retinol atau salicylis acid.

Lalu bagaimana kah cara menyimpan produk skin care dan make up yang baik dan benar? Berikut 3 tempat yang disarankan, dilansir dari laman Popbela:

1. Meja Rias

Sebagian sahabat muslimah mungkin sudah meletakkan produk-produk kecantikannya di atas meja rias. Tapi perlu dilihat lagi, jangan sampai meletakkan meja rias di dekata jendela, terutama yang kena paparan sinar matahari. Suhu panas dapat mempercepat kadaluwarsa dan menurunkan kualitas kandungan. Harold Lancer juga mengatakan bahwa apabila lipstik dan parfum terkena sinar matahari langsung dapat mengakibatkan perubahan pada warna.

Beberapa produk yang cocok diletakkan dalam suhu kamar normal diantaranya adalah yang memiliki kandungan minyak, seperti face oil, foundation, sunscreen, dan primer.

2. Kamar Mandi

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian wanita mungkin menyimpan produk kecantikannya di dalam kamara mandi. Namun, ternyata ini bukanlah hal yang baik dilakukan, karena kamar mandi memiliki suhu yang lembab dan berubah-ubah. Hal tersebut dapat memicu bakteri berkembang, khususnya pada kandungan skin care.

Mengutip dari laman Honestdocs, ada beberapa produk yang tidak bisa disimpan di kamar mandi, seperti produk kosmetik yang bersifat cair, berbahan organik, pelembab wajah dan tubuh, scrub yang mengandung gula dan garam.

Meski begitu, kamu masih bisa menyimpak sabun cuci muka, sabun, pasta gigi, shampo, dan kondisioner loh.

3. Kulkas Mini

Sudah bukan hal baru menyimpan produk Skin Care dan make up di dalam kulkas. Selain sheet Mask dan soothing gel, sahabat muslimah juga bisa menaruh produk dari bahan alami dan yang memiliki kandungan vitamin A dan C ke dalam kulkas.

Kandungan tersebut sangat rentan apabila terkena panas. Selain itu, kamu juga bisa menaruh maskara, dan parfum ke dalam kulkas. Dilansir dari Wolipop, Stephen Nilsen seorang ahli parfum menyarankan untuk menyimpan parfum dalam kulkas.

Biasanya parfum akan bertahan selama dua tahun, namun dengan perawatan yang tepat bisa bertahan lebih lama.

Sekian, semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment