Sembuh dari Mata Minus, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ada banyak produk mata yang mengklaim dapat menyembuhkan mata minus. Namun benarkah mata minus dapat disembuhkan? Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya apabila kita mengenal terlebih dahulu apa itu mata minus.

Mata minus, rabun jauh atau miopi adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan mata tidak bisa melihat satu objek dengan jelas. Hal ini dikarenakan oleh kemampuan lensa mata dalam membiaskan cahaya tidak optimal sehingga bayangan benda yang kita lihat tidak jatuh di retina namun jatuh di depan retina. Oleh karena itu diperlukan bantuan kacamata agar mata dapat melihat dengan jelas.

Mata minus disebabkan oleh empat faktor yaitu,

1. Genetik. Apabila orangtuanya memiliki riwayat miopi atau rabun jauh, besar kemungkinan untuk mengalami mata minus.

2. Kurangnya vitamin D. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan vitamin D akan meningkatkan resiko miopi atau mata minus

3. Kurang sinar matahari. Apabila Sahabat Muslimah kurang beraktifitas di luar ruangan maka hati-hatilah karena akan beresiko miopi atau mata minus.

4. Kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat.

Ada beberapa gejala miopi yang sering dirasakan, yaitu sering pusing, kesulitan melihat jauh (biasanya dengan memicingkan mata saat melihat), mata terasa tegang dan juga sering berkedip.

Sebenarnya, ada banyak cara agar terhindar dari miopi. Berikut tipsnya.

· Makan makanan bergizi dan jauhi junkfood

· Hindari merokok dan alkohol

· Pakailah kacamata anti radiasi UV agar kesehatan mata terjaga

· Sering lakukan istirahat mata secara berkala, misal 10 menit melihat benda dekat kemudian 10 menit benda jauh dan seterusnya.

Harus ditekankan kembali bahwa pemaparan di atas adalah tips agar seseorang terhindar dari miopi, bukan tips menyembuhkan miopi atau mata minus. Lalu, apakah mata minus dapat disembuhkan?

Keinginan seseorang untuk sembuh dari mata minus kebanyakan adalah karena merasa kurang nyaman saat menggunakan kacamata. Ada juga yang mengatakan bahwa kacamata menyebabkan mata minus menjadi lebih parah. Namun sebenarnya, hal ini tidak berkaitan sama sekali. Ada beberapa faktor yang bisa membuat mata minus menjadi lebih buruk, antara lain:

· Membaca di cahaya redup

· Membaca terlalu dekat

· Melihat layar monitor terlalu dekat atau lama

· Tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus

· Sering terpapar sinar ultraviolet

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kacamata bukanlah penyebab bertambah parahnya mata minus. Kacamata justru membantu untuk meningkatkan kemampuan mata dan memperluas jarak pandang. Sejauh ini belum ada cara lain untuk menyembuhkan mata minus. Namun, ada beberapa kondisi mata minus yang dapat ditangani dengan operasi mata atau yang disebut dengan laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK).

LASIK dilakukan untuk memperbaiki bentuk kornea sehingga mata dapat menangkap cahaya yang masuk dan memfokuskannya pada retina. Meskipun dengan LASIK seorang pengidap mata minus akan bisa lepas dari kacamata, namun pemeriksaan setelah operasi harus dilakukan secara rutin agar tidak ada dampak negatif yang mungkin disebabkan oleh LASIK.

Nah, Sahabat Muslimah, mata minus ternyata belum dapat disembuhkan selain cara di atas. Jadi apabila ada yang menawarkan produk untuk menyembuhkan mata minus sebaiknya jangan langsung percaya. Agar lebih jelasnya Sahabat Muslimah dapat menanyakannya langsung ke dokter mata.

Leave a Comment