5 Tips Mencuci Wajah yang Benar Agar Kulit Tidak Rusak

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam urutan pemakaian skincare adalah tahap mencuci wajah. Hal ini adalah tahap pertama yang cukup sederhana untuk dilakukan.

Tahapan ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit wajah setelah seharian berutinitas. Efek dari mencuci wajah juga sangat baik untuk kulit wajah. Selain membuat kulit wajah tetap bersih dan sehat, mencuci wajah juga dapat membuat kulit wajah terhindar dari komedo dan jerawat.

Walaupun sederhana, mencuci wajah juga tidak boleh untuk dilakukan secara asal-asalan, lho Sahabat Muslimah. Salah satunya adalah tidak boleh terlalu sering dalam mencuci wajah. Mencuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari yaitu saat pagi dan malam. Hal ini dikarenakan kulit wajah dapat teriritasi apabila terlalu sering dicuci.

Untuk menghindari hal tersebut di atas, berikut Muslimahdaily akan membagikan tips-tips mencuci wajah yang benar.

1. Pastikan untuk cuci tangan terlebih dahulu

Tangan yang kotor tentu akan membawa bakteri yang dapat merugikan wajah. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karenanya, penting untuk memastikan tangan yang bersih dengan cara mencucinya terlebih dahulu.

2. Bersihkan makeup dengan menggunakan kapas

Sebaiknya Sahabat Muslimah jangan langsung mencuci wajah dengan air. Sebelumnya, coba lakukan pembersihan tahap pertama yaitu membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan kapas yang lembut. Sesuaikan kapas dengan jenis kulit. Jika kulit Sahabat Muslimah sensitive, maka sebaiknya kapas yang digunakan juga harus yang ekstra lembut.

Sahabat Muslimah dapat mnuangkan pembersih khusus seperti micellar water, lalu sapukan pada wajah sampai benar-benar bersih. Setelah itu, basuh wajah dengan kain lap hangat.

3. Basahi wajah dengan air hangat

Gunakanlah air hangat untuk menjaga kulit wajah agar tidak teriritasi. Hindari penggunaan air panas karena bisa menyebabkan kulit kering.

4. Gunakanlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit

Jangan gunakan waslap, spons jala, atau sejenisnya untuk membersihkan kulit wajah. Cukup gunakan tangan untuk mengusap wajah dengan menggunakan produk pembersih. Gunakanlah produk pembersih yang ringan dan sesuai dengan jenis kulit. Sahabat Muslimah dapat membaca terlebih dahulu seluruh tulisan yang tertera di kemasannya untuk mengetahui apakah sabun tersebut sesuai dengan jenis kulit atau tidak.

Dalam tahapan ini, Sahabat Muslimah sebaiknya jangan terburu-buru dalam mencuci wajah agar kotoran wajah terangkat dengan sempurna. Sahabat Muslimah dapat mengusap sabun ke wajah setidaknya selama 30 detik. Gunakanlah gerakan memutar. Sahabat Muslimah juga bisa memijat kulit wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pijat daerah yang cenderung berminyak seperti hidung dan dahi. Setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Keringkan dengan handuk kering dan bersih

Penting untuk memastikan handuk untuk mengeringkan wajah dalam kondisi kering dan bersih. Jangan menggosok handuk ke wajah karena dapat melukai wajah. Mengeringkan wajah dapat dilakukan dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Itulah tips agar kulit wajah Sahabat Muslimah tetap sehat dan bersih. Jangan lupa untuk selalu menggunakan toner setelah mencuci wajah. Toner dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak, serta menghaluskan kulit.

Pastikan juga untuk selalu memakai pelembab jika semua hal di atas telah dilakukan, ya Sahabat Muslimah agar kulit wajah Anda tetap terjaga kelembabannya.

Leave a Comment