Meningkatkan Imun hingga Mencerahkan Kulit, Berikut Segudang Manfaat Madu Alami

Sarang madu alami Sarang madu alami ( Foto: Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Madu memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Namun, manfaat tersebut jadi kurang maksimal jika madu sudah melewati banyak proses sebelum dikonsumsi. Oleh karenanya madu alami lebih anjuran karena memilik banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat madu alami untuk tubuh

Setidaknya ada 4 manfaat dari rutin mengonsumsi madu alami untuk tubuh. Manfaat tersebut yaitu:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah mewabahnya virus corona, meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang utama. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara rutin mengonsumsi madu alami. Pasalnya, nutrisi yang terdapat dalam madu dapat meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh. Selain itu, madu juga turut andil dalam mendetoks bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan daya ingat

Meningkatkan daya ingat tak hanya penting bagi anak dan remaja saja, lho Sahabat Muslimah. Namun juga untuk dewasa hingga usia lanjut. Kandungan folifenol yang terkandung dalam madu terbukti dapat meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan daya ingat.

3. Mencegah kanker

Madu merupakan produk alami yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebulah yang dipercaya sebagai penangkal kanker. Antioksidan yang terdapat pada beberapa jenis madu bahkan mampu menyamai antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Oleh karenya, madu dapat menjadi salah satu pilihan menu untuk mereka yang kurang suka dengan sayur dan buah.

4. Mengatasi insomnia

Sahabat Muslimah sering kesulitan tidur? Cobalah rutin mengonsumsi madu alami. pasalnya, madu alami mengandung triptofan, yakni asam amino yang berperan untuk merangsang hormon serotonin dan melatonin dalam otak. Kedua hormon inilah yang dapat mempengaruhi suasana hati dan kualitas tidur seseorang.

Tak hanya dapat menyehatkan tubuh, madu alami juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Berikut ini 4 manfaat madu alami untuk kulit.

1. Mengatasi masalah dan bekas jerawat

Bagi sebagain orang, jerawat merupakan masalah yang tak kunjung usai. Pasalnya, jerawat yang sudah kempis pun akan mendatangkan masalah baru, yakni bekas jerawat. Namun, tak perlu khawatir, karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu mempu mengatasi masalah tersebut. Terlebih lagi madu merupakan bahan alami sehingga menimilisir terjadinya efek samping.

2. Mencerahkan kulit

Selain mengatasi jerawat, madu alami juga mampu mencerahkan kulit. Antioksidan yang terdapat dalam madu alami bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan wajah menjadi kusam, penuaan dini, hingga memicu kanker.

3. Mencegah penuaan dini

Madu alami dikenal memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan yang lebih banyak dan lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging. Khasiat ini menjaga regenerasi sel kulit agar berjalan lancar. Hasilnya, kulit jadi nampak lebih segar dan awet muda.

4. Melembabkan kulit

Madu alami kaya akan vitamin C dan kadar air yang cukup untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidarasi, terutama di cuaca yang panas.

Untuk merasakan manfaat-manfaat di atas, Sahabat Muslimah bisa menggunakan madu alami sebagai masker. Untuk membuatnya, yuk ikuti cara berikut:

1. Pertama harus cuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit.

2. Oleskan madu ke bagian wajah dan pijat secara perlahan.

3. Kemudian diamkan sekitar 15-30 menit.

4. Terakhir, bilas wajah menggunakan air dingin agar pori-pori yang ada di wajah tertutup kembali.

Selain digunakan sebagai masker, madu alami juga bisa digunakan sebagai eksfoliator untuk menghilangkan kulit mati di bibir. Berikut cara-caranya:

1. Pertama tuangkan madu dan gula secukupnya ke dalam wadah, kemudian aduk.

2. Aplikasikan madu yang sudah tercampu gula tersebut ke bibir.

3. Lakukan gerakan memutar di bibir agar sel kulit mati dapat terangkat

Mudah kan, Sahabat Muslimah?

Untuk mendapatkan segudang manfaat di atas, pastikan Sahabat Muslimah menggunakan madu alami, ya. Madu alami bisa didapatkan dari laman Instagram @sarangmadualami. Sahabat Muslimah bahkan bisa mendapatkan madu alami langsung dari sarangnya. Selain enak, kualitasnya pun terjamin dan tak perlu diragukan lagi.

Last modified on Rabu, 03 Jun 2020 20:46

Leave a Comment