5 Cara Cegah Masalah Kulit Saat Menggunakan Masker

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu protokol wajib selama masa pandemi dan memasuki eran new normal ini adalah dengan menggunakan masker saat beraktifitas sehari-hari. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta semua warga dunia menggunakan masker saat keluar rumah. Namun, jika terlalu sering ternyata hal ini dapat mempengaruhi masalah kulit terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Penggunaan masker yang terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan sebum atau minyak di pori-pori pada bagian yang tertutup masker, seperti hidung, pipi, dan dagu. Jika salah memilih jenis masker, maka hal tersebut dapat menyebabkan ruam, eksim hingga jerawat. Selain itu, kelembapan dan uap, serta sekresi seperti air liur atau lender yang terperangkap di dalam masker bisa menyebabkan dermatitis iritan pada kulit.

Dilansir dari laman Aku Tahu, berikut lima cara agar masalah kulit dapat dicegah saat menggunakan masker.

1. Memilih jenis masker yang tepat

Salah satu cara yang penting agar terhindar dari masalah kulit akibat masker adalah dengan memilih jenis masker yang tepat. Pilihlah jenis masker yang mudah kering seperti kain katun. Apabila kulit mudah berjerawat, sebaiknya hindari masker kain polyester. Gunakanlah masker yang mudah menyerap keringat.

Kamu juga bisa memilih masker dengan lapisan kain yang tebal pada bagian luar dan lapisan kain lembut pada bagian dalam. Hal ini bertujuan untuk menghalau mikroba.

2. Segera lepas masker dan bersihkan wajah ketika berada di rumah

Segeralah melepas masker ketika berada di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk membiarkan kulitmu kembali bernapas. Setelah itu, jangan lupa untuk langsung membersihkan wajah agar sisa kuman dan bakteri pada masker tidak menempel di kulit. Hal ini juga untuk menghindari masalah kulit salah satunya adalah jerawat.

3. Rajin mengganti masker

Gantilah masker setiap maksimal 4 jam sekali. Selain merupakan anjuran pemerintah, cara ini juga bertujuan untuk menghindari kotoran, keringat, atau zat lain yang melekat pada wajah.

4. Minimalisir penggunaan make up

Agar terhindar dari resiko iritasi, disarankan untuk menghindari pengunaan make up di area yang tertutup masker. Shari Marchbein, seorang dermatolog asal New York, juga menyarankan para wanita untuk tidak mengenakan makeup saat menggunakan masker. Karena hal ini dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada kulit.

Walaupun make up disarankan untuk dihindari, namun sebaiknya tetap menggunakan pelembab yang berbahan dasar ringan. Untuk sahabat muslimah yang memiliki jenis kulit sensitif, kamu bisa menggunakan pelembab dengan tekstur yang thick. Disarankan juga untuk meminimalisir penggunaan skin care dengan kandungan aktif yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

5. Cuci masker hingga benar-benar bersih

Masker yang telah digunakan sebaiknya segera dibersihkan agar kotoran yang menempel pada masker dapat segera hilang. Namun, ada beberapa aturan yang sebaiknya dilakukan agar masker dapat benar-benar bersih saat dicuci.

Sahabat muslimah dapat merendam masker terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat, kemudian bilas masker hingga bersih. Pastikan juga tidak ada sisa deterjen yang menempel pada masker agar terhindar dari iritasi saat masker digunakan kembali.

Itulah kelima cara untuk mencegah terjadinya masalah kulit saat menggunakan masker. Apabila masker dirasa sudah tidak layak pakai, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru.

 

Leave a Comment