7 Manfaat Minum Air Putih yang Jarang Orang Tahu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Manusia pada dasarnya memerlukan minimal dua liter air atau setara dengan delapan gelas air setiap harinya. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Selain itu, air dalam tubuh juga akan keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus.

Tubuh seseorang sendiri berisi cairan sekitar 60 persen. Jika tubuh kekurangan air 4 persen saja, maka akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuhnya.

Mengutip dari laman doktersehat, penelitian yang dihelat tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti IPB, Unair, dan Unhas, telah melaporkan, bahwa dehidrasi dapat menyebabkan beragam masalah dalam tubuh. Misalnya, kekurangan 2 persen air menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan dalam fungsi otak, seperti konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Kehilangan 4-6 persen air menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala, letih, lemah. Apabila kekurangan air mencapai 12 persen, maka fungsi pergerakan atau otot tubuh pun dapat terganggu.

Di samping itu, kekurangan air dapat menimbulkan gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga setiap orang dianjurkan minum air dalam jumlah cukup, sesuai salah satu pesan Pedoman Gizi Berimbang dari Departemen Kesehatan.

Dilansir dari healthline, berikut tujuh manfaat minum air putih yang jarang orang tahu:

1. Melindungi jaringan, sumsum tulang belakang dan sendi

Konsumsi air membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan di dalam tubuh. Hal ini akan membantu seseorang untuk menikmati aktivitas fisik dan mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi.

2. Memaksimalkan kinerja fisik

Mengonsumsi air putih secara teratur akan membantu tubuh bekerja secara maksimal. Sebaliknya, apabila seseorang terhidrasi maka dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh, mengurangi motivasi, meningkatkan kelelahan dan membuat latihan terasa lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

3. Meningkatkan kinerja otak

Seseorang yang terpenuhi asupan cairannya terbukti dapat memperbaiki suasa hati, memori dan kinerja pada otak. Apabila seseorang mengalami dehidrasi maka akan mengganggu kinerja otak.

Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan (1-3% dari berat tubuh) dapat merusak banyak aspek fungsi otak. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita muda, kehilangan cairan 1,36% setelah berolahraga mengganggu suasana hati dan konsentrasi, dan meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Studi serupa lainnya, kali ini pada pria muda, menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1,59% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

4. Membantu mencegah dan mengobati sakit kepala

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa air dapat meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi. Namun, hal ini ternyata tergantung dengan jenis sakit kepala.

Satu studi dari 18 orang menemukan bahwa air tidak berpengaruh pada frekuensi sakit kepala, tetapi sedikit mengurangi intensitas dan durasinya,

5. Dapat membantu mengobati batu ginjal

Batu kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk dalam sistem kemih. Bentuk paling umum adalah batu ginjal, yang terbentuk di ginjal. Ada bukti terbatas bahwa asupan air dapat membantu mencegah kekambuhan pada orang yang sebelumnya menderita batu ginjal

6. Membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya

Cairan di dalam tubuh bermanfaat untuk membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar.

7. Membantu proses pencernaan

Para ahli mengatakan, minum air putih sebelum, selama dan setelah makan akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih mudah. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh beradaptasi dengan perubahan konsistensi makanan dan isi lambung, entah itu lebih padat atau lebih cair.

Selain itu, mengonsumsi air juga dapat membantu menurunkan berat badan karena air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme

Sudah minum air putih hari ini?

Leave a Comment