Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sebagai pribadi yang punya kegiatan padat, jadwal makan jadi sering terlewat. Akhirnya perut jadi kosong dan nggak bisa menjalankan aktivitas sebagaimana biasanya.

Padahal makanan sangat penting untuk kita mendapat enegergi sehingga bisa melakukan banyak hal. Perut harus segera diisi sebelum kita kehabisan energi. Tapi, kondisi perut yang kosong tak boleh diisi oleh sembarangan makanan karena dapat meninggalkan efek samping.

Berikut ini Muslimahdaily rangkumkan 5 makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong, seperti dilansir dari laman HerStory. Yuk simak!

Jeruk

Untuk sebagian orang yang jarang sarapan berat di pagi hari seperti nasi, roti dan sebagainya akan berfikir untuk memakan buah sebagai pengganjal perut. Selain, memiliki manfaat untuk kesehatan buah juga bisa menjadi makanan yang mengenyangkan. Tapi, buah jeruk tidak direkomendasikan untuk dimakan ketika perut kita kosong, lho. Begitu juga dengan buah anggur. Kedua buah ini dapat menyebabkan iritasi terutama ketika dimakan dalam keadaan perut kosong.

Pisang

Selain buah jeruk dan anggur, ternyata pisang juga tidak direkomendasikan untuk dimakan ketika perut kosong. Hal tersebut lantaran pisang dapat menyebabkan peningkatan jumlah magnesium pada darah. Dengan meningkatnya jumlah magnesium pada darah akan berdampak pada fungsi hati.

Yoghurt

Untuk Sahabat Muslimah yang memilih yoghurt sebagai menu sarapan, sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang ya. Karena ternyata yoghurt juga tidak baik dimakan ketika perut kosong. Hal ini disebabkan oleh bakteri asam laktat yang harusnya menjadi bakteri yang baik untuk tubuh akan dibunuh oleh asam hidroklorat ketika perut kosong.

Tomat

Makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong selanjutnya adalah tomat. Apalagi untuk Sahabat Muslimah yang memiliki riwayat asam lambung, jangan berani-berani mengonsumsi buah ini ketika perut kosong ya! Karena tomat memiliki kandungan asam tannic yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar asam yang ada di dalam perut.

Permen

Permen sering kali diandalkan sebagai pengganjal rasa lapar ketika situasi tidak memungkinkan kita untuk makan. Namun hal ini sebaiknya dihindari karena mengonsumsi permen ketika perut kosong akan meningkatkan kadar insulin di darah kita yang akan meningkatkan beban pankreas dan bisa menyebabkan diabetes.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebisa mungkin atur jadwal makan agar perut tidak kosong. Ketika perut kosong, sebaiknya mengonsumsi makanan yang aman seperti telur atau madu.

Last modified on Kamis, 25 Jun 2020 16:10

Leave a Comment