5 Tips Ampuh dan Mudah Kembalikan Bibir Hitam Jadi Merona

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Siapa yang tak ingin punya bibir lembab, sehat dan cerah merona? Sayangnya terdapat beberapa faktor penyebab bibir jadi kering dan hitam, misalnya saja karena kurang minum air putih atau kesalahan produk kecantikan.

Untuk menutupi bibir yang hitam, orang cendrung memilih menggunakan lipstik. Padahal masih banyak cara untuk mengatasi bibir yang kering dan hitam. Dibanding menutupinya, tak ada salahnya bila kita memilih langkah perawatan.

Berikut ini 5 tips mengatasi bibir hitam dan kering yang Muslimahdaily rangkum dari laman HerStory.

Perhatikan kandungan produk kecantikan yang digunakan

Sebagian produk lipstik, lip balm, dan lip gloss mungkin mengandung bahan kimia yang dapat merusak bibir. Sahabat Muslimah sebaiknya memeriksa kandungan yang terdapat dari suatu produk kecantikan. Bahan seperti petroleum jelly, mineral oil, oxybenzone, BHA, dan BHT dapat membuat bibir hitam dan juga pecah-pecah, lho. Sebaiknya menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan organik, ya!

Jangan lupa gunakan tabir surya!

Tak hanya melindungi kulit wajah dan tubuh, tabir surya juga mampu menjaga bibir dari sinar matahari. Sehingga bibir nggak berubah menjadi kehitaman dan juga kering. Oleh karena itu, Sahabat Muslimah sebaiknya menggunakan produk kecantikan bibir, seperti lip balm yang mengandung SPF yang berguna melindungi bibir dari bahaya sinar matahari.

Scrubbing 2 kali dalam seminggu

Agar bibir tetap cerah dan sehat, Sahabat Muslimah perlu melakukan scrubbing pada bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir. Gunakan produk scrubbing yang cocok, kemudian scrub atau gesekan pada bibir secara perlahan dan jangan terlalu kencang. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin, Sahabat Muslimah bisa mendapatkan bibir lembab dan cerah.

Perhatikan pola makan juga

Tak hanya perawatan dari luar, Sahabat Muslimah juga harus memperhatikan perawatan dari dalam tubuh. Bibir cerah dan sehat juga didapatkan dari pola makan yang baik.

Hindari makanan yang terlalu berminyak, berlemak, dan alkohol untuk mengatasi bibir hitam. Sebagai gantinya makan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak.

Berhenti mengigit dan menjilat bibir

Ketika Sahabat Muslimah menggigiti bibir atau menjilatnya, enzim pencernaan yang bergabung pada air libur mampu menghilangkan perlindungan kulit. Bisa saja karena itu, bibir jadi hitam dan pecah-pecah. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari kebiasaan ini secara perlahan, ya.

Leave a Comment