Deteksi Dini, Yuk Kenali 4 Gejala Awal Depresi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sama halnya dengan gangguan fisik, tak ada yang dapat mengelak dari yang namanya gangguan psikologis. Bahkan tak menutup kemungkinan jika anak-anak juga mengalami gangguan ini.

Salah satu gangguan psikologis yang marak dibicarakan adalah depresi. Gangguan ini biasanya dialami oleh remaja, dewasa, hingga usia tua. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya, seperti kelelahan, tekanan, trauma, dan lainnya.

Jika tidak ditangani dengan baik, depresi dapat mempengaruhi kesehatan fisik kita dan produktivitas sehatri-hari. Sebagai langkah awal, ada baikknya jika mengenal gejala-gejala depresi sedini mungkin. Melansir dari laman HerStory, berikut ini 4 tanda awal gejala depresi.

Mengalami insomnia atau kesulitan tidur

Jika Sahabat Muslimah mengalami insomnia atau kesulitan tidur, padahal merasakan lelah akibat beraktivitas, bisajadi Sahabat Muslimah mengalami depresi. Rasa cemas yang selalu menghantuimu membuat kamu sulit untuk tidur. Mungkin beberapa orang menganggap kalau hal ini adalah hal sepele. Padahal kalau dibiarkan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan fisik, lho.

Jadi lebih sering marah-marah tanpa sebab yang jelas

Tanda awal yang kedua adalah menjadi lebih sering marah-marah tanpa sebab yang jelas. Bagi mereka yang mengakami depresi, hal sepele dapat dirasakan sangat memberatkan atau menjadi tekanan baginya. Ketika Sahabat Muslimah mulai merasa sering marah-marah tanpa sebab yang jelas, bisa jadi hal tersebut gejala depresi.

Sulit fokus dan berkonsentrasi

Melansir dari laman Psychology Today, seseorang yang mengalami kecemasan sehingga mengganggu konsentrasinya, bisajadi orang tersebut mengalami tanda awal depresi. Orang yang menderita depresi juga kerap lupa menaruh benda yang dia letakkan. Jika Sahabat Muslimah mengalami hal tersebut, ini waktunya Sahabat Muslimah harus waspada ya!

Selalu merasa bersalah

Orang yang selalu merasa bersalah pada suatu hal yang terjadi di hidupnya, bisa jadi mengalami gangguan psikologi depresi. Hampir semua hal yang tidak berjalan mulus cenderung dikarenakan oleh diri sendiri, padahal bisa jadi karena faktor lain.

Itu dia beberapa gejala awal gangguan psikologi depresi. Jika Sahabat Muslimah mungkin mengalami salah satu di antaranya dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya mengonsultasikannya ke ahli, ya.

Leave a Comment