Sering Salah Kaprah, Apa Sih Bedanya Rosacea dengan Jerawat?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Masalah kulit wajah memang tak jauh-jauh dari jerawat. Setiap orang setidaknya pernah satu kali mengalami masalah jerawat.

Namun ternyata, ada pula masalah kulit lain yang sering disalahartikan sebagai jerawat, yakni rosacea. Papulopustular rosacea biasanya dikenal sebagai acne rosacea yang memiliki kemiripan dengan jerawat namun memiliki efek yang berbeda.

Walau tampak sama, rosacea dan jerawat sebenarnya berbeda. Saking miripnya, bahkan terkadang membuat dematologis salah diagnosis. Padahal penyebab dan perawatan kedua penyakit ini sangat berbeda.

Lantas apa saja perbedaan jerawat dan rosacea. Berikut ulasan yang Muslimahdaily rangkum dari laman HerStory. Yuk Simak!

Papulopustular Rosace, Apa Sih Itu?

Papulopustular Rosace sebenarnya hampir sama dengan rosacea biasa. Menurut dokter kulit yang berbasis di New York, gejala yang ditimbulkan oleh masalah wajah ini adalah kulit terasa lebih sensitif dengan lingkungan sekitar, wajah bisa berubah kemerahan dan mengalami sensasi kulit terbakar atau bahkan menyengat.

Jika Sahabat Muslimah megalami penyakit ini maka ada kemungkinan akan menimbulkan benjolan merah pada wajah yang mengandung nanah. Untuk mendeteksi jerawat ini, Sahabat Muslimah dapat bisa melihat letak jerawat ini muncul. Biasanya jerawat ini akan muncul di pipi, pangkal hidung dan juga dagu.

Perbedaan Jerawat dengan Rosacea

Menurut salah satu konsultan ahli kulit, jerawat dan rosacea dapat terlihat sama satu sama lain, tetapi sangat penting untuk menentukan perbedaannya karena dua jerawat ini memiliki cara perawatan yang sangat jauh berbeda.

Rosacea sendiri merupakan penyakit penghalang kulit, yang bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Jika mengalami rosacea maka kulit akan lebih lemah dan peka. Sedangkan untuk jerawat merupakan penyakit yang timbul akibat kulit wajah yang berminyak.

Jika rosacea yang terjadi sudah ada pada titik kronis, maka akan muncul gejala yang lebih parah lagi seperti kemerahan, sensitivitas dan pembuluh darah yang melebar. Sementara jerawat hanya akan mengandung berbagai gejala seperti komedo dan benjolan merah.

Mulai sekarang, Sahabat Muslimah harus lebih peka lagi terhadap masalah kulit yang mungkin terjadi. Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas, maka tak ada salahnya Sahabat Muslimah untuk mengunjungi dokter kulit.

Leave a Comment