Jangan Sepelekan, Ini Peran dan Cara Merawat Skin Barrier Agar Tak Rusak

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Seperti yang sudah kita tahu, bahwa kulit merupakan lapisan penting yang menjaga tubuh dari pengaruh faktor eksternal. Sehingga, kesehatan kulit harusnya menjadi salah satu hal utama yang harus selalu diperhatikan.

Salah satu bagian kulit yang perlu dijaga adalah skin barrier atau penghalang kulit. Skin barrier merupakan lapisan terluar pada epidermis kulit. Dilansir dari Shape, dr. Joel Cohen seorang dokter kulit di Greenwood Village dan juru bicara American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa skin barrier merupakan lapisan yang diikat dan diselubungi oleh ceramides, cholesterol, dan lipid.

"Skin Barrier terbuat dari lapisan-lapisan yang disebut coenocytes dan dikelilingi dan diikat oleh ceramides, cholesterol, dan lipid," ungkapnya.

Seberapa Penting Skin Barrier?

Skin barrier memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Bermanfaat untuk melindungi kulit dari faktor-faktor eksternal, menjaga kelembaban, mencegah kulit kering dan iritasi. Selain itu, Skin barrier juga berperan sebagai lapisan pelindung dari mikroorganisme berbahaya, mempertahankan kekebalan kulit, dan mengatur peradangan. 

Jika dirawat dengan baik, maka kulit cenderung akan tampak lebih sehat, halus, dan kencang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga skin barrier untuk tetap sehat.

Untuk menjaga skin barrier tetap sehat, Sahabat Muslimah dapat menggunakan bahan-bahan yang cenderung menenangkan. Seperti krim yang mengandung ceramides atau niacinamide yaitu bahan yang dapat mendorong produksi ceramide dan kolagen. Asam hialuronat juga dapat menjaga kelembaban kulit dan vitamin B5 yang dapat meningkatkan penyembuhan.

Ciri-Ciri dan Penyebab Skin Barrier Rusak

Karena beragam faktor, skin barrier dapat saja rusak. Dilansir dari Nuria, ketika skin barrier rusak, kulit cenderung akan mudah berjerawat, kering, kemerahan, iritasi, ruam, terbakar, kapiler pecah, dan gejala lain seperti kulit sensitif. Hal itu disebabkan oleh hilangkan kelembaban dan nutrisi pada skin barrier.

Sebenarnya apa saja yang dapat merusak skin barrier kita? Faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab yaitu bertambahnya usia sehingga fungsi kulit menjadi melemah, stres secara emosional maupun fisik yang dirasakan, akibat paparan sinar matahari langsung, merokok, diet dan polusi.

Meskipun eksfoliasi baik untuk kesehatan kulit, namun apabila dilakukan secara berlebihan justru dapat menjadi penyebab skin barrier menjadi rusak. Selain itu, mengkonsumsi alkohol dan kafein juga dapat membuat kulit menjadi kering melebarkan kapiler sehingga muncul kemerahan dan peradangan pada kulitmu.

Memperbaiki Skin Barrier

Lalu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki skin barrier? Pertama, Sahabat Muslimah harus menghidrasi kulit. Hal itu dilakukan agar skin barrier kembali sehat. Aplikasikan pelembab yang cocok untuk jenis kulitmu.

Selain itu, pastikan Sahabat Muslimah mencuci atau membersihkan wajah maksimal 2 kali sehari dan menggunakan air hangat, jangan terlalu sering mengeksfoliasi kulit, gunakan juga tabir surya, ubahlah kebiasaan buruk seperti mengurangi atau tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok. Hindari makanan junk food dan mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang dapat melembabkan kulit seperti mentimun, jus hijau, seledri, kenari, dan makanan lainnya.

 

Leave a Comment