5 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Bekas Cacar yang Sulit Hilang

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto: polipainclinic.com via wowkeren.com )

Muslimahdaily - Dalam istilah medis, cacar air disebut varicella, yakni infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Mereka yang menderita cacar akan mengalami ruam kemerahan berisi cairan serta gatal di seluruh tubuh. 

Penyakit cacar ini biasanya meninggalkana bekas yang cenderung sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, banyak obat di apotek yang diklaim dapat menghilangkan bekas ini, seperti krim retinol dan produk eksfoliasi.

Krim atau salep retinol dapat membantu menghilangkan atau setidaknya menyamarkan flek kecokelatan bekas cacar pada kulit. Melansir dari laman Hallosehat, sebuah penelitian yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal, membuktikan bahwa mencampur retinol dengan glicolyc acid ternyata ampuh untuk mengurangi bekas luka di kulit, termasuk bekas cacar air.

Sementara eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel kulit baru beregenerasi. Inilah sebabnya produk ini digunakan untuk mengatasi bekas cacar.

Selain dua produk di atas, produk penghilang bopeng seperti biocream, dermatix, lanakeloid-e cream, dan sodermix juga dapat menjadi pilihan.

Namun, apabila Sahabat Muslimah ingin menghilangkan bekas cacar ini dengan cara alami, Muslimahdaily telah merangkum 5 bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar yang. Berikut penjelasan dan cara membuatnya.

Oatmeal

Oatmeal ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cacar selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Oatmeal direkomendasikan karena kandungan antiradang dan antioksidannya dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Berikut langkah pembuatannya:

· Siapkan oats mentah

· Siapkan air hangat

· Campurkan oats dan air hangat

· Aduk hingga rata

· Diamkan campuran tersebut hingga dingin

· Aplikasikan pada kulit yang memiliki bekas cacar air

· Biarkan selama 10 menit

· Bilas dengan air hangat

Madu

Madu adalah antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, madu juga dapat menyembuhkan bekas luka pada kulit, membentuk sel yang sehat, dan memperbaiki kondisi kulit. Inilah sebebnya mengapa madu disebut-sebut sebagai bahan penghilang bekas cacar.

Berikut cara pembuatannya:

· Siapkan madu

· Siapkan oatmeal

· Campurkan madu dan oatmeal

· Aplikasikan campuran tersebut pada kulit yang memiliki bekas cacar atau bopeng

· Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam

· Bersihkan dengan air bersih

Pepaya

Selain mudah ditemukan, ternyata buah ini juga bisa menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati, lho Sahabat Muslimah.

Berikut cara pembuatannya:

· Siapkan pepaya

· Siapkan gula merah

· Siapkan susu

· Campurkan ketiga bahan tersebut

· Aduk hingga rata

· Aplikasikan pada kulit yang memiliki bekas cacar

Lidah buaya

Gel dari lidah buaya telah diuji dapat mengobati luka bakar dan mengurangi sensasi panas yang ditimbulkan pada kulit yang terbakar.

Selain itu, lidah buaya dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Kandungan asam amino dan antioksidannya dapat menyembuhkan kulit.

Berikut cara pembuatannya:

· Siapkan lidah buaya

· Potong lidah buaya

· Ambil bagian gel lidah buaya

· Aplikasikan gel pada kulit yang memiliki bekas cacar atau bopeng

· Diamkan sampai mengering

· Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal

Sari lemon

Kandungan vitamin C pada lemon berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, sekaligus bisa memulihkan kulit yang rusak.

Berikut cara pembuatannya:

· Siapkan sari lemon

· Siapkan kapas

· Aplikasikan sari lemon pada kulit yang memiliki bekas cacar dengan kapas

· Biarkan selama 15 menit

· Bersihkan menggunakan air bersih

Itulah tadi kelima bahan penghilang bekas cacar. Jangan lupa juga unutk selalu rajin membersihkan wajah dan kurangi penggunaan makeup terlebih dahulu, ya.

 

Last modified on Jumat, 03 Juli 2020 14:08

Leave a Comment