Tak Selalu Baik, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Berbahaya untuk Wajah

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Tak semua yang alami ternyata baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya ternyata banyak bahan-bahan dari alam yang justru berbahaya bila dioleskan langsung ke kulit wajah.

Di antara bahan-bahan tersebut ternyata banyak yang menggunakannya untuk perawatan wajah, entah sebagai masker atau toner. Tanpa kita sadari, justru bahan alami ini dapat menyebabkan iritasi hingga kerusakan pada kulit.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, Sahabat Muslimah hendaknya mengetahui bahan alami yang berbahaya untuk kulit. Berikut rangkuman Muslimahdaily yang dilansir dari laman HerStory.

Putih Telur

Sudah sejak lama dan umum sekali ketika putih telur digunakan sebagai bahan masker. Tujuannya adalah untuk membantu mengencangkan pori-pori dan membuat kulit menjadi halus. Namun sebenarnya, telur yang dioleskan langsung ke wajah dapat menyebabkan efek samping.

Melansir dari Healthline, ternyata putih telur beresiko terkontaminasi dengan salmonella, yaitu bakteri yang menyebar lewat makanan. Putih telur yang terkontaminasi dengan salmonella jika dioleskan ke wajah dapat meyebabkan iritas, lho Sahabat Muslimah.

Lemon

Tak jauh berbeda dengan putih telur, lemon juga sering kali digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Lemon diklaim dapat menghilangkan jerawat hingga memudarkan noda hitam di wajah.

Namun sayangnya, lemon tidak boleh dioleskan secara langsung ke wajah lho, Sahabat Muslimah. Pasalnya, kandungan psolaren pada lemon dapat menyebabkan reaksi fototoksik pada kulit ketika terkena sina UV secara langsung. Jika digunakan sebagai toner, perasan air lemon akan membuat kulit menjadi iritasi hingga melepuh, lho.

Cinnamon

Cinnamon atau kayu manis memang sangat baik sebagai penambah cita rasa, namun tidak sebagai bahan perawatan kulit wajah. Pasalnya, cinnamon yang digunakan sebagai makser justru akan membuat kulit terasa terbakar dan mempengaruhi pH kulit. Duh, sebaiknya dihindari ya!

Cuka Apel

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan jerawat, memudarkan bekas luka, hingga menghilangkan tahi lalat. Namun sebenarnya, cuka apel yang digunakan sebagai toner dan diaplikasi ke wajah secara langsung dapat merusak wajah lho. Cuka apel sendiri memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga tidak baik untuk wajah. Selain itu, cuka apel sebaiknya juga tidak digunakan sebagai obat luka karena dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi.

Mayones

Salah satu jenis saus ini juga sebaiknya dihindari sebagai bahan perawatan wajah, ya Sahabat Muslimah. Karena, ternyata mayones justru dapat menutup pori-pori wajah dan membuat kulit semakin bermasalah.

Nah itu tadi 5 bahan alami yang sebaiknya tidak dioleskan ke wajah. Jika hendak menggunaka bahan alami sebagai bahan perawatan wajah, Sahabat Muslimah dapat mencoba mengoleskannya ke belakng tellinga. Jika mucul reaksi seperti nyeri dan iritasi, lebih baik tidak digunakan, ya.

Leave a Comment