Sering Merasa Insecure? Berikut 7 Langkah Mudah untuk Mengatasinya

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Apakah sahabat muslimah sering merasa insecure? Perasaan tidak aman dan selalu ragu dalam melakukan atau memulai suatu hal. Sebenarnya, perasaan tersebut umum dirasakan oleh banyak orang.

Namun, apabila insecure terjadi secara berlebihan atau berulang, kamu perlu untuk mengatasinya. Sebab, perasaan yang berlebihan dapat mengganggu dan menghambat aktivitasmu.

Menurut Karol Ward seorang pakar komunikasi, beberapa hal yang dapat menyebabkan insecure salah satunya adalah pengalaman traumatis yang berdampak negatif.

Jika sahabar muslimah sedang mengalami perasaan tesebut dan ingin mengatasinya, berikut 7 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa insecure dalam diri, dilansir dari laman Well and Good:

1. Jangan Mudah Menilai Diri Sendiri

Menyalahkan diri sendiri karena memiliki rasa insecure merupakan pekerjaan yang sia-sia. Karol Ward merekomendasikan untuk mulai menerima kenyataan itu kemudian fokus untuk mencari solusi mengurangi perasaan negatif tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mulai mencintai diri sendiri.

2. Jadilah Sahabat Bagi Dirimu Sendiri

Cobalah untuk memposisikan dirimu sebagai seorang sahabat. Memberikan semangat dan kata-kata positif pada diri merupakan langkah baik yang bisa kamu lakukan. Mulailah dengan mencoba mengatakan 'kamu sangat hebat' atau 'kamu pasti bisa melakukannya' kepada diri sendiri.

3. Fokus Pada Langkah-langkah Kecil

Sebenarnya sahabat muslimah tak harus melakukan hal hebat besar untuk mengurangi insecure. Salah satu langkah mudah yaitu berkenalan dengan teman baru atau sekadar mengobrol dengan orang asing. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk melakukan hal yang lebih besar nantinya.

4. Berada Dalam Lingkungan yang Mendukung

Mungkin kamu memiliki beberapa teman yang sering memberikan komentar-komentar negatif. Hal itu justru dapat membuat kita semakin merasa insecure dan ragu untuk memulai suatu hal.

Ada baiknya apabila sahabat muslimah memilih lingkungan pertemanan yang selalu memberikan komentar positif. Ketika kamu berada dalam kebingungan atau membutuhkan saran. Mereka pasti akan mengatakan hal positif yang dapat membangkitkan semangatmu. Secara tidak sadar, kamu akan merasa tertantang dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

5. Menghargai Pencapaian

Mengurangi rasa insecure memang bukan pekerjaan yang mudah. Maka dari itu, katika sahabat muslimah mampu menguranginya sedikit demi sedikit, tak ada salah untuk memuji atau menghargai diri sendiri.

"Ketika kamu dapat mengatasi rasa insecure, pastikan kamu menyadarinya," ujar Ward. Hal itu dapat mendorongmu agar menjadi lebih bersemangat dalam menghadapi rasa insecure.

6. Jangan Mengingat Hal yang Negatif

Selalu waspada dengan memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk memang tak ada salanya. Namun, apabila dipikirkan secara berlebihan atau berulang-ulang justru hal itu tak akan baik untukmu. Mulailah untuk mengganti pikiran negatif tersebut dengan hal-hal positif yang lebih menyenangkan.

7. Perahatikan Bahasa Tubuhmu

Tips terakhir yaitu memperhatikan posisi ketika duduk dan berdiri. Biasakan diri untuk duduk dan berdiri secara tegak, agar kamu merasa lebih percaya diri. Ternyata fisik dapat menginformasikan kondisi mental seseorang.

Itulah 7 langkah mudah yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa insecure. Apabila kamu memerlukan bantuan lebih, tak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada pihak profesional agar mendapatkan penangangan lebih lanjut.

 

Leave a Comment