Atasi Jerawat hingga Kerutan, Berikut 5 Manfaat Kandungan Niacinamide

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dunia per-skincare-an semakin berkembang setiap harinya. Sudah banyak bahan baru yang digunakan sebagai kandungan utama skincare, sebut saja retinol hingga lendir siput.

Salah satu bahan skincare yang kini banyak diperbincangkan adalah niacinamide. Bahan ini merupakan salah satu dari dua vitamin B3 yang dikenal dengan nama niacin dan nicotinic adic namun mempunyai struktur kimi yang berbeda serta dampak yang berbeda juga untuk kulit.

Niacinamide sejatinya bekerja dengan cara membangun protein di kulit dan mengunci kelembaban untuk mencegah kerusakan kulit.

Niacinamide diklaim dapat mengatasi berbagai masalah kulit terutama kulit yang kekurangan vitamin B3. Pasalnya, kekurangan vitamain B3 ini tak hanya berpengaruh pada organ dalam seperti ginjal dan otak, namun juga pada kulit. Kekurangan vitamin B3 biasanya ditandai dengan munculnya jerawat dan eksim.

Selain itu, niacinamide menyimpan banyak manfaat, lho Sahabat Muslimah. Merangkum dari laman HerStory, berikut ini 5 menfaat niacinamide. Yuk simak!

1. Kekebalan kulit

Niacinamide dapat membantu membantu keratin trusted, yakni sejenis protein yang menjaga kulit agar lebih kencang dan sehat. Oleh karenanya skincare yang mengandung niacinamide cocok digunakan pada saat dewasa awal agar tetap kencang di saat usia lanjut.

2. Penghalang lemak

Selain itu, niacinamide juga membantu kulit menumbuhkan ceramide (lipid). Ceramide adalah adalah lemak yang dihasilkan secara alami oleh kulit untuk mempertahankan kelembapan kulit.

3. Meminimalkan kemerahan dan noda hitam

Kemerahan dan noda hitam sering muncul terutama setelah munculnya jerawat. Untuk meminimalkan hal tersebut, Sahabat Muslimah dapat menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide, karena bahan ini dapat mengurangi inflamasi dan mencegah terjadinya kemerahan dan noda hitam.

4. Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan

Tak hanya mengurangi noda hitam, niacinamide jua ternyata berperan sebagai anti-aging. Melansir dari laman Healthline, niacinamide ternyata mampu mengurangi tanda-tanda akibar sinar matahari ataupun penuaan.

5. Mengatasi Jerawat

Selain mengurangi bekasnya, niacinamide juga mampu mengatasi masalah jerawat. Terutama peradangan seperti papula dan pustula. Dengan demikian, kondisi kulit akan jauh lebih baik.

Sebagai pemula, pilihkan produk skincare yang memiliki konsentrasi niacinamide rendah, yaitu 2%. Lakukan hal yang sama juga bila kamu memiliki kulit sensitif.

Selayaknya produk skincare lain, kandungan yang terdapat di dalam suatu produk dapat memberikan efek yang berbeda-beda pada tiap orang. Jadi, meskipun niacinamide umumnya aman digunakan, Sahabat Muslimah sebaiknya melakukan uji kecocokan dengan mengolesi produk yang akan digunakan ke tangan dan menunggu hasilnya selama 24 jam. Bila tidak ada reaksi alergi yang terjadi, berarti produk tersebut cocok digunakan. Namun, bila muncul ruam merah, rasa gatal atau nyeri, sebaiknya produk tersebut.

Jadi, Sahabat Muslimah mau coba produk yang mengandung niacinamide?

Leave a Comment