Mandi di Pagi atau Malam Hari, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari. Selain untuk membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri, mandi juga dapat menyegarkan tubuh dan mengembalikan kembali energi.

Bagi sebagian orang, mereka lebih menyukai mandi air dingin di pagi hari untuk membnambah semangat. Sementara sebagian lain lebih memilih mandi di sore menjelang malam hari demi mendapat tidur yang lebih nyenyak.

Lantas adakah perbedaan manfaat? Ataukah ada yang lebih baiik di antara keduanya?

Merangkam dari laman HerStory, berikut ini ulasannya.

Baik mandi di pagi hari dan alam hari, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik. Namun terdapat perbedaan khasiat jika Sahabat Muslimah mendi di waktu yang berbeda.

Mandi di pagi sebenarnya memang baik untuk mengembalikan semangat. Dengan mandilah, kita membangunkan otak dan memberi tahu bahwa hal ini sebagai awal dari kegiatan padat yang dilalui hari itu.

Selain itu, mandi air dingin di pagi hari juga mampu meningkatkan sistem sirkulasi darah, sehingga dapat terhindari dari hipertensi, pengerasan arteri, dan varises. Manfaat lainnya ialah membuat kulit menjadi lebih sehat dengan membantu mengecilkan dan menutup pori-pori wajah.

Lebih lanjut, dokter nautopati mengklaim bahwa mandi bisa disebut sebagai hidroterapi yang sudah dilakukan sejak lama. Hidroterapi adalah pergantian antara mandi air panas atau air hangat dengan mandi air dingin yang bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

Sementara itu mandi di sore menjelang malam hari merupakan pilihan yang tepat bila Sahabat Muslimah ingin meningkatkan kualitas tidur. Lebih lanjut, menurut Postdoctoral Fellow di Behavioral Sleep Medicine di Rush University Medical Center Elizabeth Culnan, Ph.D., mandi sebelum tidur juga akan membantu tidur yang lebih cepat. Sedangkan mandi dua jam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh.

Selain itu, mandi di malam hari bermanfaat untuk mengarangi bau badan. Pasalnya, tidur dengan tubuh serta seprai yang bersih akan mengurangi bau badan hingga mengurangi resiko munculnya jerawat yang berlebihan.

Di malam hari, kulit akan melakukan regenerasi. Dengan melakukan mandi sebelum tidur, kulit akan lebih mudah menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Pada akhirnya, tidak ada waktu yang salah untuk mandi. Apakah itu mandi dalam waktu yang lama atau cepat, mandi dengan air hangat atau air dingin, bahkan mandi pagi atau malam, mandi akan selalu memiliki kemampuan untuk menyegarkan indera tubuh.

Terlebih di tengah pandemik yang tengah terjadi, mandi sebaiknya dilakukan tepat setelah kita kembali dari berpergian ke luar rumah.

Leave a Comment