Cleansing Balm vs Cleansing Oil, Apa Perbedaannya?

Ilustrasi Ilustrasi
Muslimahdaily - Mungkin sebagian dari Sahabat Muslimah masih bingung memilih antara cleansing balm atau cleansing oil. Kedua jenis cleansing tersebut merupakan first cleansing dari rangkaian double cleansing. Memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengangkat kotoran, debu, polusi, dan sisa make up dari kulit wajah. Sangat cocok bagi kalian yang beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan make up dalam keseharian.
 
Walau punya fungsi yang sama, perbedaan keduanya sangat terlihat dari segi kemasan dan teksturnya. Sesuai namanya, cleansing oil memiliki tekstur cair seperti minyak dengan kemasan botol pompa. Sedangkan cleansing balm bertekstur seperti krim dengan kemasan tub atau jar.
 
Agar tak salah dalam memilih, yuk simak perbedaan antara cleansing balm dan cleansing oil, dilansir dari The Klog.
 
Cleansing Balm
 
Bagi Sahabat Muslimah yang suka traveling atau sering berkegiatan di luar ruangan. Cleansing balm sangat cocok menjadi pilihan. Sebab, cleansing balm merupakan pembersih wajah berbentuk krim yang dikemas secara praktis dan tidak mudah bocor saat dibawa. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Oleskan krim pada wajah lalu pijat dengan gerakan memutar. Lalu, jangan lupa untuk dibilas dengan air hingga bersih.
 
Selain itu, jenis cleansing ini dipercaya ampuh mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up pada wajah. Cleansing balm ini juga cocok untuk semua jenis kulit, khususnya jenis kulit wajah kering. Namun, sayangnya, langkah-langkah mengaplikasikan cleansing balm seringkali membuat kita malas saat malam hari.
 
Di balik fungsinya, ternyata cleansing balm menyimpan kekurangannya sendiri. Dilansir dari Cosmopolitan, ternyata beberapa cleansing balm mengandung microbeads yang diproduksi dari partikel plastik padat dan berbahaya untuk kehidupan laut.
 
Cleansing Oil
 
Berbeda dengan cleansing balm, cleansing oil kebanyakan dikemas dalam berbentuk botol pompa. Jadi, Sahabat Muslimah hanya perlu memompa isi botol ke telapak tangan dan oleskan pada kulit wajah. Bentuk kemasan tersebut dianggap lebih higienis dibandingkan cleansing balm karena tidak terlalu sering terkena udara. Harganya pun juga lebih murah dibandingkan cleansing balm.
 
Cleansing oil memiliki sifat yang dapat mengikat minyak, debu, dan kotoran pada kulit wajah. Sehingga sangat cocok digunakan oleh jenis wajah berminyak. Namun, bagi kalian yang memiliki jenis kulit kering perlu berhati-hati saat menggunakan cleansing oil. Dikhawatirkan kulit wajah menjadi semakin kering.
 
Dilansir dari Nourish The Skin, cleansing oil dapat mengemulsi lebih cepat, lho Sahabat Muslimah. Selain itu, cleansing ini memiliki tekstur minyak yang beragam, dari yang sangat cair hingga yang kental.
 
Jadi kamu bisa memilih sesuai dengan selera. Selain berfungsi untuk mengangkat kotoran, ternyata cleansing oil juga berguna untuk membersihkan kuas make up sahabat muslimah.
 
Namun, teksturnya yang cair membuat kita harus lebih berhati-hati saat menggunakan, sebab bisa berceceran ke mana-mana.
 
Jadi, sahabat muslimah lebih memilih cleansing balm atau cleansing oil?

Leave a Comment