Kenali Gangguan Kesehatan dari Rupa Kukumu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Setiap orang memiliki bentuk kuku yang berbeda-beda. Namun, tahukah sahabat muslimah, bahwa bentuk dan rupa kuku dapat memberikan informasi tentang kesehatan kita, lho.

Dilansir dari laman Hello Sehat, yang ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan, beberapa bentuk dan penampilan kuku dapat menandakan adanya infeksi bakteri atau cedera, namun sejumlah tanda lainnya bisa merujuk kepada penyakit tertentu yang lebih serius.

Dokter Andreas Wilson Setiawan menyatakan ada 7 penampilan kuku jari dan hubungannya dengan Kesehatan, berikut penjelasannya:

1. Kuku kuning

Kuku kuning bisa disebabkan oleh faktor usia, penggunaan kuteks yang sering dan juga merokok. Namun, jika kuku kuning disertai dengan ciri kuku yang tebal, rapuh maka bisa jadi hal itu dikarenakan oleh infeksi jamur.

2. Kuku kering, pecah-pecah, atau rapuh

Kuku lembek dan rapuh adalah efek dari lempeng kuku yang kering akibat berenang, penggunaan aseton yang rutin, atau berada di lingkungan rumah yang kering.

Kuku rapuh juga bisa diakibatkan oleh kekurangan asupan vitamin A, B, dan C. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaplikasikan krim pelembap yang mengandung hyaluronic acid, glycerin atau Shea butter.

3. Clubbing

Kuku clubbing merupakan kondisi saat jaringan di bawah kuku menebal kemudian ujung jari membulat dan membengkak. Clubbing diduga sebagai hasil dari peningkatan aliran darah ke ujung jari, merupakan kondisi turunan dan tidak berbahaya.

Clubbing bisa jadi tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah dan berhubungan dengan penyakit paru-paru, sirosis, atau kanker.

4. Bercak putih

Bercak atau noda putih yang timbul di permukaan kuku umumnya merupakan reaksi dari trauma ringan. Ini bukanlah kondisi medis yang mengkhawatirkan dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika bercak putih tak kunjung hilang, mungkin infeksi jamur bisa jadi penyebabnya.

5. Kuku sendok (Koilonychia)

Jika kuku jari terlihat seperti sendok, lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan ujung-ujungnya bertumbuh ke arah luar, mungkin ini tanda dari anemia tipe defisiensi zat besi, hemokromatosis (penyerapan zat besi berlebih), penyakit jantung, lupus, penyakit Raynaud, atau hipotiroidisme.

6. Kuku berlubang atau berlekuk

Lubang-lubang kecil atau lekukan tidak rata di permukaan kuku bisa menjadi salah satu tanda dari psoriasis, eksim, sindrom Reiter, alopecia areata, atau artritis reaktif.

7. Kuku menghitam

Kuku yang terlihat menghitam karena ada darah di kulit di bawahnya, biasanya merupakan luka alias trauma yang diakibatkan oleh cedera.

Namun, jika warna hitam tersebut bukan berasal dari kulit di bawah kuku, melainkan langsung di permukaan kuku itu sendiri, dan diikuti oleh pertumbuhan kuku yang menyakitkan, ini bisa jadi merupakan tanda dari melanoma, yaitu kanker kulit yang paling mematikan.

Beberapa ciri di atas hanya sebagai pertanada umum saja, jika kamu memiliki tanda-tanda di atas dan tak kunjung hilang serta menyebabkan gejala tambahan lainnya, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Last modified on Kamis, 09 Juli 2020 14:02

Leave a Comment