Kenali Bahan-bahan Penghilang Berbagai Jenis Bekas Jerawat

Ilustrasi Ilustrasi
Muslimahdaily - Salah satu masalah kulit yang paling dihindari adalah jerawat. Pasalnya, masalah nggak akan selesai ketika jerawat kempes saja, namun akan menimbulkan masalah baru, yakni bekas jerawat. Bekas jerawat ini nggak jarang membuat kita jadi kurang pede.
 
Bekas jerawat sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis jerawat yang muncul sebelumnya. Ada yang menimbulkan bekas kemerahan, apa pula yang menyebabkan kehitaman.
 
Nah, demikian pula dengan penangannya. Antara bekas kemerahan dan kehitaman, keduanya lebih baik menggunakan produk skincare yang mengandung bahan yang berbeda.
 
Merangkum dari HerStory, berikut ini bahan-bahan yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Yuk Simak!
 
Bahan untuk Mengobati Bekas Jerawat Kemerahan
 
Green Tea
 
Bahan pertama yang dapat Sahabat Muslimah gunakan untuk mengatasi jerawat kemerahan adalah green tea. Bahan ini memiliki kandungan katekin dan proanthocyanidins yang dapat membantu wajah untuk melawan bakteri jahat penyebab jerawat. Selain itu, green tea juga mampu melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas.
 
Green tea ini cukup mudah ditemukan. Sahabat Muslimah dapat membeli produk green tea sebagai masker atau menggunakan produk skincare yang yang mengandung green tea.
 
Tea Tree Oil
 
Bahan selanjutnya adalah tea tree oil. Bahan ini dapat menghilangkan bekas kemerahan akibat jerawat karena mengandung antiseptic dan antibakteri. Tea tree oil cukup mudah ditemukan di produk-
produk skincare lokal maupun luar negeri, produk drugstore hingga high end.
 
Grapeseed Oil
 
Selain green tea dan tea tree oil, grapeseed oil juga dinilai dapat mengatasai kemerahan akibat jerawat. Selain itu, bahan ini juga dapat membersihkan pori-pori hingga mempercepat proses pemulihan kulit.
 
Salicylic Acid
 
Bahan terakhir adalah salicylic acid. Bahan ini memang telah banyak terkandung di produk-produk skincare lantaran dipercaya dapat menenangkan jerawat serta radang. Selain itu, salicylic acid juga mampu menghilangkan bekas kemerahan akibat jerawat. Namun, ketika menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid, pastikan Sahabat Muslimah memperhatikan kelembaban kulit, ya.
 
Bahan untuk Mengobati Bekas Jerawat Kehitaman
 
Lidah Buaya
 
Tak hanya dapat membuat kulit lembab, lidah buaya juga ternyata mampu menghilanglan kehitaman akibat jerawat. Hal tersebut lantaran lidah buaya mengandung alonin.
 
Madu
 
Madu memang sudah sejak lama dikenal khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Selain untuk tubuh, ternyata madu juga bermanfaat untuk kulit, salah satunya untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah potensi terbentuknya jaringan parut pada luka. Sehingga ampuh untuk menghilangkan bekas kehitaman karena jerawat.
 
Niacinamide
 
Jika tak ingin menggunakan bahan alami, maka produk niacinamide bisa jadi pilihan yang tepat untuk Sahabat Muslimah. Karena niacinamide mengandung vitamin B3 yang memiliki manfaat menutrisi kulit wajah secara menyeluruh. Sehingga secara perlahan, bekas jerawat dan dark spot pasca inflamasi dapat hilang.
 
Nah, selain bahan-bahan di atas, pastikan juga Sahabat Muslimah senantiasa mengaplikasikan sunscreen sebelum ke luar rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah lagi.
Last modified on Jumat, 10 Juli 2020 17:22

Leave a Comment