Bebas di Pasaran, Alat Perawatan Kulit Ini Berbahaya Digunakan di Rumah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Alat perawatan kulit merupakan inovasi baru yang ditawarkan oleh dunia kecantikan. Alat ini dianggap lebih praktis dan mudah digunakan. Jika sebelumnya kamu hanya bisa menemukan alat perawatan kulit di klinik atau salon kecantikan.

Saat ini, alat tersebut sudah terjual bebas di pasaran, sehingga bisa kamu gunakan sendiri di rumah.

Meski begitu, sahabat muslimah tetap harus berhati-hati dan teliti saat menggunakannya. Apabila keliru, bisa jadi penggunaan alat tersebut malah akan menimbulkan permasalahan baru pada kulit. Seperti iritasi, kemerahan, memar, kering, hingga pecahnya pembuluh darah pada kulit.

Maka dari itu, penting untuk mendapatkan pengawasan langsung dari pihak profesional atau dermatolog.

Berikut beberapa alat perawatan kulit yang berbahaya apabila digunakan di rumah, dilansir dari Stylo:

1. Dermaroller

Dermaroller merupakan alat yang digunakan saat melakukan perawatan kecantikan microneedle. Perawatan menggunakan alat ini memiliki berbagai manfaat. Seperti membuat kulit semakin elastis, mengurangi kerutan, hinga membuat kulit tampak lebih muda.

Sebelum menggunakan Dermaroller, pihak profesional atau dermatolog akan memberikan bius topikal ke dalam kulit. Setelahnya, akan diaplikasikan skincare vitamin C agar kulit tampak lebih cerah dan menstimulasi kolagen. Barulah bisa memulai perawatan menggunakan alat Dermaroller.

Dermaroller berbentuk seperti roda dan terdiri dari ratusan jarum kecil yang akan menusuk ke dalam kulit. Dilansir dari Hello Sehat, panjang jarum pada Dermaroller umumnya berkisar antara 0,25 mm hingga 1,5 mm. Tak jarang alat tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi berdarah.

Sayangnya, kini alat tersebut telah dijual secara bebas di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Bagi sahabat muslimah yang tertarik memiliki alat ini, perlu berhati-hati dan teliti saat menggunakannya di rumah. Dibutuhkan sterilisasi yang tepat agar tidak terjadi infeksi. Jika tidak, dermaroller akan mudah terkena bakteri. Alhasil kulitmu akan mengalami breakout, kemerahan, belang, dan gatal.

Sebaiknya, agar tak menimbulkan permasalahan baru, lakukanlah perawatan di klinik kecantikan untuk mendapatkan pengawasan dari profesional.

2. Alat Vacuum Komedo

Sebagian dari kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan alat yang satu ini. Banyak influencer atau beauty vlogger yang juga telah menggunakannya.

Vacum komedo memiliki ukuran yang kecil namun sangat praktis dan ampuh untuk mengangkat komedo pada kulit. Meskipun sangat mudah ditemukan di pasaran, ternyata alat ini juga berbahaya apabila digunakan di rumah tanpa pengawasan ahli.

Sebab, kulit pada wajah dapat menjadi memar akibat tarikan yang cukup kuat. Alat ini juga bisa mengakibatkan telangiectasias, yaitu timbulnya urat-urat wajah karena pecahnya pembuluh darah di permukaan kulit. Alih-alih menghilangkan komedo, vacuum komedo ini justru akan membuat wajah semakin bermasalah.

Apabila sahabat muslimah mengalami permasalahan yang cukup serius akibat penggunaan alat tersebut, segera kunjungi dermatolog atau pihak profesional untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kamu juga bisa menggantikan vacum komedo dengan menggunakan bahan-bahan alami atau masker khusus komedo.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment