Minum Air Lemon Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ilustrasi
Muslimahdaily - Beberapa tahun belakang, muncul tren minum air lemon di pagi hari. Air lemon diyakini dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan salah satunya dapat menurunkan berat badan. Sebagian orang mempercayai dan merasakan sendiri khasiatnya. Sementara yang lain menolak pendapat tersebut.
 
Lantas, apa benar air lemon memberikan manfaat bagi kesehatan kita?
 
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan Muslimahdaily yang dirangkum dari laman HerStory.
 
Minum air lemon sebenarnya sudah dilakukan sejak lama bahkan oleh orang-orang Romawi Kuno. Air lemon dimanfaatkan untuk penawar racun. Tak hanya itu, mereka juga percaya bahwa air lemon dapat
melarutkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan sehingga sering kali dijadikan minuman saat makan hidangan laut.
 
Melansir dari laman Healthline, air lemon merupakan minuman yang berkalori rendah. Mengonsumsi air lemon akan mengurangi jumlah kalori keselurahn yang dikonsumsi dalam makanan. Alhasil, minum air lemon sering kali dikaitakan dengan cara untuk menurunkan berat badan atau ditambah dalam menu diet.
 
Hal tersebut dibuktikan dalam salah satu penelitian yang melibatkan responden 44 wanita. Penelitian tersebut dibagi dua grup. Grup pertama diberikan makan siang dengan minuman berkalori, sementara grup satunya diberi makan siang dengan minuman rendah kalori.
 
Peneliti bertujuan untuk mengukur kalori keseluruhan yang dikonsumsi oleh kedua grup. Hasilnya menunjukkan bahwa kalori yang dikonsumi meningkat pada grup pertama. Sementara di grup kedua yang minum minuman rendah kalori seperti air lemon justru mengalami penurunan asupan kalori.
 
Pada penelitian lain, menunjukkan bahwa minum cukup air berpotensi membantu meningkatkan metabolisme. Air yang dimaksud salah satu juga termasuk air lemon memberikan efek menguntungkan potensial pada metabolisme, rasa kenyang, dan hidrasi sehingga turut menurunkan berat badan.
 
Lebih lanjut, sebuah penelitian pada tahun 2009 mengukur asupan air pada 173 wanita yang kelebihan berat badan. Hasilnya menyebutkan asupan air dapat membantu merangsang penurunan berat badan, di samping dari diet dan olahraga.
 
Pada akhirnya, para ahli menyarankan untuk minum secangkir air lemon hangat di pagi hari sebagai cara memulihkan tubuh. Selain itu juga, dehidrasi terkadang menimbulkan rasa lapar. Untuk menekan rasa lapar tersebut, air lemon dapat dijadikan cemilan.
 
Terakhir, tidak ada waktu khusus untuk minum air lemon. Minuman ini dapat diminum di pagi hari untuk mendetoks pencernaan. Di siang hari sebagai cemilan, dan di malam sebelum tidur.

Leave a Comment