6 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Rajin Minum Air Hangat

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Seperti yang kita tahu, tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Itulah mengapa sebaiknya kita tidak membiarkan tubuh kita kekurangan cairan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan agar tetap terhidrasi, kita dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Tak hanya sebagai pemenuh kebutuhan cairan, ternyata air khususnya air hangat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasan Muslimahdaily untuk Sahabat Muslimah, dilansir dari laman HerStory.

Mengatasi Sembelit

Manfaat pertama adalah mengatasi sambelit. Sambelit sendiri merupakan gangguan perut umum yang disebabkan oleh sedikit atau tidak adanya pergerakan usus dan disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh. Sehingga minum air putih hangat di pagi dapat mengurangi resiko terjadiya sambelit.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat dapat menghilangkan deposit lemak yang terakumulasi dalam sistem saraf. Mengonsumsi air hangat di pagi hari dapat mengeluarkan racun dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh sekaligus melonggarkan jaringan otot.

Menurunkan Berat Badan

Fakta lain yang mungkin Sahabat Muslimah baru tau adalah bahwa air hangat dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Seiring dengan suhu tubuh yang meningkat, metabolisme juga akan meningkat. Sehingga pada akhirnya minum air putih dapat membakar lebih banyak kalori.

Sahabat Muslimah dapat mengombinasikan air hangat dengan lemon untuk mendapat manfaat yang lebih maksimal. Air lemon dapat menekan nafsu makan dan memecah jaringan adiposa sehingga efektif dalam menurunkan berat badan.

Menenangkan Kram Perut

Bagi Sahabat Muslimah yang sering mengalami nyeri rahim saat menstruasi, minum air hangat dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Nyeri tersebut disebabkan oleh stres jaringan otot karena kontraksi periode. Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dan mengendurkan otot perut dan rahim.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Sementra itu, penuaan dini biasanya disebabkan oleh penumpukkan racun di dalam tubuh.

Dengan minum air hangat, racun-racun di dalam tubuh dalam dikeluarkan secara efektif. Selain itu, kulit juga jadi lebih efektif dan terbebas dari tanda-tanda penuaan.

Mempengaruhi Kualitas Tidur

Terakhir, air hangat juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Air hangat yang diminum sebelum tidur dapat menenangkan saraf dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Hal ini juga akan menghentikan keinginanmu terbangun di tengah malam.

Itu tadi beberapa manfaat air hangat untuk kesehatan. Mulai dari sekarang, jangan lupa minum air hangat ya, Sahabat Muslimah!

Leave a Comment