4 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Hampir setiap wanita pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini memang sebenarnya normal lantaran bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menghasilkan pelembab alami yang melundungi dan menghidrasi lapisan kulit terluas.

Walau demikian, bibir kering dan pecah-pecah sering kali mengggangu penampilan walau sudah sering memakai lip balm. Jadi mengapa bisa demikian?

Jawaban mungkin karena Sahabat Muslimah belum mengetahui penyebab mengapa bibir jadi kering. Berikut ini 4 alasan bibir kering dan pecah-pecah yang masih jarang diketahui, dilansir dari laman Popsugar. Yuk simak!

1. Reaksi terhadap alergi

Kalau Sahabat Muslimah mengalami gatal, kemerahan, dan mengelupas, pada bibir, bisa jadi merupakan reaksi alergi. Dr Hayag menjelaskan bahwa alergi dapat disebabkan oleh kontak terhadap skincare bibir, makeup, perhiasan, atau juga pasta gigi.

“Cinnamic acid atau cinnamon derivatife biasanya allergen umum yang terdapat dalam pasta gigi,” kata Dr Hayag.

Selain cinnamic acid dan cinnamon derivatife, bahan umum lain yang mungkin menyebabkan alergi adalah vitamin E, castor oil, lanolin, wewangian, dan perasa. Bahan-bahan tersebut biasanya ditemukan di produk bibir, terutama lip balm.

Cara terbaik untuk untuk mencari tahu apakah Sahabat Muslimah alergi terhadap suatu bahan adalah menghentikan pemakaian produk yang diyakini sebagai penyebab alergi. Kemudian setelah beberapa hari, pakai lagi produk tersebut untuk melihat reaksinya.

2. Mengonsumsi makanan asin dan pedas

Penyebab selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan pedas. Pasalnya garam menyerap air yang berada di bibir sehingga menyebabkan kekeringngan. Sementara makanan pedas dapat menyebabkan iritasi kulit dan hilangnya air.

Untuk membantu merawat bibir pecah-pecah dan mengelupas, Sahabat Muslimah harus mengurangi makanan asin dan pedas, ya!

3. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama mengapa kulit bibir jadi kering dan pecah-pecah. Pasalnya kurangnya asupan cairan terhadap tubuh secara keseluruhan dapat berdampak pada bibir juga.

Untuk itu, pastikan Sahabat Muslimah agar selalu memenuhi asupan cairan per hari setidaknya 8 gelas per hari atau setengah dari berat badan.

4. Sinar matahari

Menurut Dr Hayag, faktor lain yang menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah adalah karena paparan sinar matahari.

“Kerusakan akibat matahari jangka Panjang dan peradangan dapat menyebabkan lesi prakanker dan kanker kulit,” katanya.

Nah jika memang Sahabat Muslimah sering terpapar sinar matahari, kamu dapat menggunakan lip balm yang mengandung SPF. Jika memungkinkan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit, ya.

Last modified on Rabu, 15 Juli 2020 15:03

Leave a Comment