Nggak Cukup Skincare, 5 Jenis Vitamin Ini Efektif Buat Wajah Glowing

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan, ternyata vitamin juga bermanfaat bagi kecantikan seperti membuat kulit tampak glowing atau bercahaya.

Untuk melakukan perawatan kulit dari dalam, Sahabat Muslimah bisa memulainya dengan memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 jenis vitamin yang dapat membuat kulit menjadi glowing:

1. Vitamin A

Vitamin A bisa kalian dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti wortel, tomat, paprika, bayam, apel, anggur, dan masih banyak lagi. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah menjadi lebih kencang dan segar. Alhasil kerutan atau garis halus dapat disamarkan.

Dilansir dari Womens Day, Stephanie Gray, DNP, MS, ARNP, seorang praktisi perawat obat fungsional yang disiapkan secara doktoral dan pemilik Integrative Health and Hormone Clinic di Hiawatha, Iowa mengungkapkan bahwa bentuk topikal vitamin A yaitu retinoid dapat membuat wajah lebih bercahaya.

"Retinoid adalah bentuk topikal vitamin A yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen, dan membantu pembentukan produksi pembuluh darah baru yang membantu pewarnaan kulit menjadi lebih bercahaya," ungkap Gray.

2. Vitamin B

Vitamin lain yang juga dapat membuat kulit glowing adalah vitamin B. Vitamin ini dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, menjaga kelembaban kulit, dan mencegah iritasi. Selain itu, juga dapat membantu meminimalisir timbulnya flek hitam pada kulit wajah. Jenis makanan yang kaya akan vitamin B diantaranya jamur, alpukat, tuna, kacang-kacangan, dan makanan lain.

3. Vitamin C

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat memberikan banyak manfaat pada kesehatan kulit. Seperti membantu produksi kolagen yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

Tak hanya itu, dilansir dari Womens Day, Suzanne Dixon, RD, ahli diet di The Mesothelioma Center di Orlando Florida, menjelaskan bahwa vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan.

"Beberapa vitamin bertindak sebagai antioksidan, seperti vitamin C, sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan permasalahan sehari-hari lainnya," ungkap Dixon.

Kekurangan kandungan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mudah kendur dan mema. Maka dari itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti paprika, kangkung, strawberry, brokoli, pepaya, jeruk, dan jambu biji.

4. Vitamin E

Sahabat Muslimah sering beraktivitas di luar ruangan? Agar kesehatan kulit tetap terjaga, ada baiknya perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E. Seperti almond, hazelnut, biji bunga matahari, kacang tanah, alpukat, kiwi, mangga, dan makanan lainnya.

Sebab, vitamin E memiliki banyak sekali manfaat seperti melembabkan kulit, melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, mencegah kulit kering, dan mencegah agar kulit tidak belang. Bahkan, banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin E

5. Vitamin K

Apabila kamu memiliki permasalahan kulit seperti bengkak atau memar, sangat disarankan untuk mengonsumsi vitamin K. Sebab, dapat menjaga peredaran darah yaitu agar darah tidak menggumpal atau menyumbat pembuluh darah. Bahkan vitamin K juga ampuh untuk mengatasi mata panda. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan jenis makanan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Last modified on Kamis, 16 Juli 2020 12:35

Leave a Comment