Kenali Sikap Pesimis dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Pernahkah mendengar pertanyaan “Apakah gelas anda setengah penuh atau setengah kosong?” . Jika jawaban anda setengah penuh, anda merupakan orang yang optimis. Namun jika anda menjawab setengah kosong, maka anda cenderung merupakan orang yang pesimis.

Apa itu pesimis? Pesimis adalah kondisi pikiran yang melihat dunia ini cendrung dari sisi negatif. Kebalikannya, adalah optimis. Orang yang optimis akan cendrung memiliki pandangan yang positif akan suatu hal.

Dengan bersikap optimis, anda akan terhindar dari merasa stres. Menjadi seorang yang optimis bukan berarti menghindari tantangan-tantangan namun mengubah pandangan terhadap tantangan-tantangan tersebut.

Tentunya anda tidak ingin menjadi orang yang optimis, bukan? Berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sikap pesimis:

1. Fokus pada kemungkinan, bukan ketidakmungkinan

Salah satu penyebab orang menjadi pesimis adalah karena ia selalu merasa setiap tantangan merupakan sesuatu yang tidak mungkin dapat dihadapi. Jadi, cobalah untuk melihat sebuah tantangan sebagai kemungkinan dan yakinkan diri anda bahwa anda mampu untuk menghadapi masalah-masalah tersebut.

2. Baca cerita-cerita yang menginspirasi

Dengan membaca cerita-cerita pengalaman orang-orang hebat, akan membantu anda untuk lebih fokus melihat kemungkinan. Mereka yang berhasil menghadapi tantangan-tantangan dan permasalahan yang sulit akan menginspirasi anda untuk melakukan hal yang sama.

3. Hindari teman yang pesimis

Pergaulan menentukan sikap anda. Jika anda berteman dengan orang-orang yang pesimis, maka anda akan ikut menjadi orang yang pesimis. Sehingga, bertemanlah dengan orang-orang yang optimis, mereka akan membantu anda untuk siap menghadapi tantangan dan permasalahan anda dan menyemangati ketika anda gagal.

4. Hindari penggunaan kata-kata negatif

Usaha anda untuk menjadi orang yang optimis akan rusak dengan hanya satu kata negatif. Jadi hindarilah pengunaan kata-kata negatif di setiap harinya, berbicaralah dengan kata-kata positif, bicaralah tentang mimpi dan harapan-harapan anda. Setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya, cobalah untuk selalu fokus pada sisi yang positif.

5. Selalu Bersyukur

Sifat pesimis akan terhindarkan jika anda merasa hidup ini berharga. Menerapkan sikap bersyukur akan menentramkan pikiran dan hati anda.