Bolehkah Menggunakan Retinol dan Niacinamide Secara Bersamaan?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kondisi wajah yang sehat tentu merupakan dambaan setiap wanita, tentu untuk mendapatkan hal tersebut kamu perlu memperhatikan asupan dan juga skincare yang digunakan. Satu yang paling pentig adalah kandungan dari skincare itu sendiri. Kamu harus memilih kandungan yang tepat dan cocok dengan kebutuhan kulit wajah.

Salah satu kandungan yang biasanya dipakai dalam produk skincare adalah retinol dan niacinamide. Dua-duanya diklaim dapat mencerahkan wajah. Selain itu, kandungan ini juga dapat membuat kulit nampak lebih sehat.

Namun, timbul pertanyaan di tengah para pengguna skincare, bolehkah retinol dan niacinamide dipakai bersamaan? Untuk itu kamu wajib kenali dulu apa itu retinol dan niacinamide.

Mengutip dari laman Fimela, retinol merupakan kandungan aktif yang ampuh mengatasi jerawat dan mengurangi penampakan keriput. Hal ini dikarenakan retinol membantu pergantian sel. Perlu ditekankan bahwa retinol berbeda dengan retinoid.

Retinoid merupakan vitamin A turunan yang ditemukan lebih dari 40 tahun yang lalu. Kandungan ini digunakan untuk mengobati masalah jerawat dan dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, halus, cerah dan memudarkan garis-garis halus serta kerutan wajah. Retinoid sangat sensitif dengan sinar matahari, oleh karena itu, sebaiknya ia dipakai saat malam hari.

Kembali pada pembahasan retinol, ia adalah turunan dari retinoid dengan efek yang lebih lembut. Apabila retinoid dapat membuat kulit menjadi kering dan kemerahan jika tidak dilapisi dengan pelembab, retinol tidak menyebabkan iritasi terlalu banyak. Namun, kelemahannya adalah efek yang ditimbulkan tidak secepat retinoid.

Salah satu kelebihan retinol adalah dapat digunakan pagi hari karena perusahan kosmetik telah menciptakan microencapsulation pada retinol, yaitu proses mengelilingi setiap molekul retinol dengan lapisan polymer yang melindungi retinol dari sinar matahari, oksigen dan penyerang lainnya.

Beralih ke niacinamide. Mengutip dari Sociolla, niacinamide biasa disebut sebagai Nicotinic Acid, adalah vitamin B3 untuk mengatasi kulit radang, kering dan bahkan mengelupas. Niacinamide cocok untuk tipe kulit apapun karena mampu menyeimbangkan kelembapan kulit.

Sekarang ini, kandungan niacinamide digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat karena dapat membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Selain itu vitamin B3 yang terkandung didalamnya juga dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan bekas jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

Dengan menggunakan niacinamide, pori-pori akan menjadi lebih bersih karena kandungan ini dapat menjaga pertahanan kulit dan membuat produksi minyak jadi semakin terkendali. Selain itu, niacinamide juga dapat menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit.

Jadi bolehkah menggabungkan dua kandungan ini?

Menurut cuplikan video berjudul “Tips Layering Active Ingredients” dari Female Daily, retinol dan niacinamide bisa digabungkan.

“Hal lain yang sering ditanyakan adalah boleh ngga sih retinol digabungin sama niacinamide? Buat saya, kalau misalnya kulit saya lagi iritasi dan saya pengen banget pakai retinol, saya akan menggabungkan kedua ingredients ini,” tutur Amalia.

“Niacinamide akan membantu kulit yang teriritasi, jadi dia benar-benar akan menstabilkan si kulit terus kebanyakan niacinamide itu diformulasikan dengan Hyaluronic Acid, jadi selain dia juga menstabilkan kondisi kulit, dia juga akan memberi hidrasi,” jelasnya.

Apabila kedua kandungan ini ingin digabungkan, maka pakailah retinol dulu baru niacinamide.

“Kalau misalkan ingin menggabungkan keduanya, pakai retinol dulu baru niacinamide, kalian bisa menggabungkan retinol dan niacinamide karena menurut saya ini adalah kombinasi yang paling aman buat semua orang,” ujar Amalia.