Gatal Hingga Sesak Nafas, Berikut 7 Tanda Kalau Kamu Alergi Obat

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Alergi obat merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap obat-obatan tertentu. Penting untuk diketahui bahwa alergi obat berbeda dengan efek samping atau toksisitas yaitu overdosis obat.

Setiap orang yang mengalami alergi obat akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Namun, gejala yang paling umum terjadi yaitu munculnya rasa gatal, ruam, atau demam. Bahkan gejala yang cukup parah adalah dapat mengancam nyawa seperti anafilaksis.

Melansir dari Healthline, anafilaksis merupakan kondisi ketika tubuh mengalami syok. Reaksi ini dapat terjadi beberapa menit atau dalam beberapa kasus bisa terjadi dalam 12 jam setelah minum obat.

Gejala anafilaksis ditandai dengan detak jantung yang tak beraturan, sulit bernapas, pembengkakan, hingga hilangnya kesadaran. Apabila tak segera diatasi, bisa jadi akan berakibat fatal nantinya.

Selain anafilaksis, berikut 7 gejala umum alergi obat, melansir dari Halodoc:

1. Muncul Ruam pada Kulit

Munculnya ruam menjadi salah satu tanda atau gejala apabila kamu mengalami alergi obat. Ruam muncul seperti bentol-bentol atau kemerahan dalam jumlah banyak pada permukaan kulit. Tak jarang, kamu juga akan merasakan rasa gatal akibat adanya ruam pada kulit.

2. Rasa Gatal

Seperti yang sudah dijelaskan, rasa gatal biasanya muncul bersamaan dengan ruam. Apabila menggaruk terlalu keras karena gatal, bisa jadi kamu akan merasakan sensasi panas atau perih pada kulit akibatnya.

3. Pembengkakan Tubuh

Gejala lainnya yang juga akan sangat tampak yaitu pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Umumnya terjadi pada area wajah seperti pipi yang membengkak. Alhasil mata kalian akan terlihat lebih sipit akibatnya.

Membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa kembali menjadi normal. Bahkan, parahnya pembengkakan bisa terjadi di sekujur bagian tubuh.

4. Sesak Napas

Selanjutnya adalah sesak napas. Pembengkakan yang terjadi sebelumnya dapat berakibat pada penyempitan saluran nafas. Terjadi dikarenakan saluran pernapasan memberikan reaksi alergi yang cepat ketika saluran pernapasan tersebut mempunyai banyak lendir.

5. Demam

Demam juga menjadi salah satu gejala umum yang dialami penderita alergi obat. Ketika zat-zat dalam obat tertentu ditolak oleh tubuh karena tak cocok, maka demam merupakan salah satu jenis pertahanan tubuh dari antibodi.

6. Bronkospasme

Bronkospasme merupakan gejala yang terjadi ketika otot saluran pernapasan menyempit sehingga membatasi asupan udara. Gejala ini umumnya dialami oleh seseorang yang alergi terhadap obat-obatan mengandung antibiotik.

7. Nerkolisis Epidermal Toksik

Gejala yang satu ini termasuk jarang dialami seseorang. Nerkolisis Epidermal Toksik merupakan gejala berupa reaksi sangat parah terhadap obat yang mengandung antibiotik. Tampak kulit dan selaput lendir yang melepuh dan mengelupas. Sehingga daging merah dibawahnya akan terlihat.

Itulah 7 gejala yang akan dialami oleh tubuhmu saat kamu alergi dengan obat. Tetapi penting untuk diingat, akan lebih baik untuk ditanyakan lebih lanjut kepada dokter yang lebih professional agar segera tertangani.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment