3 Skincare Ini Ternyata Berbahaya Jika Terlalu Lama Digunakan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Pernahkah kamu merasa percuma saat sudah menggunakan skincare? Alih-alih ingin kulit menjadi mulus dan glowing, namun hasilnya malah sebaliknya. Kamu mungkin harus perhatikan lagi, bisa jadi bukan karena skincaremu, tetapi karena kesalahan sepele yang tak disadari.

Salah satu kesalahannya adalah saat kamu terlalu lama mengaplikasikan skincare pada kulit. Beberapa skincare sebenarnya tak baik apabila digunakan terlalu lama, kamu akan merasa kulit menjadi lebih kering, terbakar, teriritasi, bahkan bisa memunculkan garis-garis halus.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut 3 jenis skincare yang tak boleh digunakan terlalu lama pada kulit:

1. Sabun Cuci Muka

Sabun cuci muka merupakan produk skincare yang sering dipakai para wanita. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran-kotoran pada wajahmu. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya sabun cuci muka juga bisa berdampak negatif pada kulit?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya terdapat batas wajar lama penggunaan sabun muka. Yaitu maksimal selama 60 detik saja, karena apabila terlalu lama, hal itu akan berpotensi merusak kulit.

Pemakaian sabun muka yang terlalu lama akan meyebabkan kandungan pada sabun muka yang biasanya sebagai pembersih justru dapat menghilangkan kandungan minyak pada kulit. Sehingga kulit menjadi lebih kering dan mudah teriritasi.

Bisanya kita juga akan memijat wajah ketika mencuci muka. Namun, gerakan tersebut bisa menyebabkan eksfoliasi pada kulit. Akhirnya kulitmu menjadi mudah rusak lho.

Jadi, tetap hati-hati ya.

2. Masker

Sering menggunakan masker di malam hari atau saat bersantai? Maka kamu perlu memahami hal-hal berikut.

Masker sebenarnya hanya boleh digunakan maksimal selama 20 menit saja. Apabila lebih dari itu, makai a akan berpotensi merusak kulitmu.

Jika terlalu lama, masker justru akan menyerap kelembaban kulit. Sehingga kulit menjadi iritasi, kering, dan bisa muncul keriput. Sedangkan masker yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, justru akan mengembalikan kotoran kembali ke wajah apabila dipakai lebih dari 20 menit.

Semua jenis masker seperti sheet mask, masker clay, masker krim, atau masker gel hanya boleh digunakan selama 20 menit saja. Kecuali sleeping mask. Jangan sampai kita menambah permasalahan kulit baru ya sahabat muslimah.

3. Face Wipes

Tak jarang, para wanita menggunakan tisu basah atau face wipes untuk membersihkan makeup pada wajah. Tisu dipilih karena lebih mudah dan praktis saat digunakan. Namun, ternyata face wipes tak baik apabila digunakan pada kulit.

Mengutip dari laman Healthline, penggunaan face wipes setiap hari dapat membuat kulit terbakar akibat gesekan ketika membersihkan makeup. Kandungan alkohol dan bahan kimia yang dimiliki juga dapat merusak kulit apabila terlalu lama menempel di kulit wajah.

Itulah 3 jenis skincare yang justru berdampak buruk apabila digunakan terlalu lama di kulit. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment