Sudahkah Anda Meminum Kopi pada Waktu yang Tepat?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk meminum kopi tepat setelah bangun tidur karena kopi dianggap dapat meningkatkan semangat untuk memulai hari. Namun, apakah benar setelah bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk meminum kopi?

Franz Halberg, seorang ilmuwan bidang Chronobiology di Universitas Minnesota pertama kali mengenalkan istilah Circadian Rhythm atau yang biasa kita sebut dengan jam biologis internal manusia. Jam biologis ini mengatur banyak hal terkait aktivitas dan fungsi diri kita, termasuk pola tidur. Selain itu, jam biologis ini juga mengatur lepasnya hormon kortisol yang sering juga disebut dengan hormon stres.

Hormon Kortisol biasanya secara alami meningkat antara jam 8 sampai 9 pagi tiap harinya. Hormon kortisol ini berguna seperti alarm pada tubuh kita. Oleh karena itu, tubuh kita tidak lagi memerlukan kopi pada jam tersebut. Apabila kita mengkonsumsi kopi pada jam tersebut dapat membuat tubuh 'kecanduan'. Di kemudian hari, tubuh akan 'meminta' jumlah kortisol yang lebih banyak lagi sehingga seseorang merasa harus minum kopi agar tubuhnya lebih segar. Seperti yang sudah diketahui, terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu masalah yang akibatnya bisa kurang baik bagi kesehatan jantung.

Dengan alasan yang sama, Steven Miller, seorang ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland mengatakan, minuman berkafein akan lebih baik jika dikonsumsi setelah pukul 9 pagi untuk membantu menjaga produksi hormon kortisol tetap stabil. Para ilmuwan kemudian menemukan beberapa waktu lainnya saat tingkat kortisol sedang meningkat, yaitu pada siang hari dari jam 12 hingga jam 1 dan sore hari pada pukul 5.30 hingga 6.30.

Itulah sebabnya ketimbang pagi hari, minum kopi pada pukul 9.30 sampai 11.30 akan lebih baik. Sebab kopi bisa membantu mengimbangi jeda ketika level kortisol dalam tubuh menurun. Sebelum meningkat lagi di siang harinya.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan meminum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga.

Jadi, sudahkah anda meminum kopi pada waktu yang tepat?

Leave a Comment