Mengapa Cuaca Dingin Membuat Sering Buang Air Kecil?

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat berada di ruangan ber-AC, lingkungan dengan suhu yang rendah karena hujan atau berada di dataran yang tinggi, tubuh cenderung selalu merasa ingin buang air kecil atau biasa kita sebut beser. Hal yang normal, sama halnya dengan tubuh yang berkeringat saat berada di suhu udara yang panas.

Dilansir dari HelloSehat, fenomena beser atau sering buang air kecil saat berada di suhu udara dingin disebut juga sebagai cold diuresis. Lantas apa sih yang membuat fenomena ini terjadi pada tubuh kita? Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya yaitu:

Tubuh tidak Berkeringat

Ketika suhu udara panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menjaga suhu tubuh. Sebaliknya saat suhu udara dingin, tubuh akan menghentikan proses perpirasi atau proses menguap atau keluarnya air melalui kelenjar keringat. Inilah yang membuat tubuh akhirnya tidak memiliki cara lain untuk mengeluarkan air selain melalui ginjal yang menghasilkan urine.

Kadar Air Tidak Seimbang

Suhu tubuh yang menurun saat kedinginan membuat fungsi protein yang biasa disebut aquaprofin terganggu. Aquaprofin berfungsi sebagai saluran keluar masuk air ke dalam sel tubuh. Saat suhu tubuh menurun, aquaprofin akan menahan masuknya air ke dalam sel. Hal ini membuat tubuh mengira bahwa ada terlalu banyak air dalam aliran darah. Tidak seimbangnya kadar air pada sel dan aliran darah membuat ginjal menjadi lebih sering membuang kelebihan cairan melalui urine.

Penyempitan Pembuluh Darah di Permukaan Kulit

Saat berada di suhu udara yang dingin, tubuh akan berusaha menjaga suhu tubuh yang menyebabkan pembuluh darah di permukaan kulit menyempit (vasokonstriksi). Akibatnya, jumlah cairan pada pembuluh darah besar akan lebih banyak. Hal ini membuat cairan tubuh yang melewati ginjal semakin banyak sehingga volume urin bertambah dan mengakibatkan kita terus merasa ingin buang air kecil.

Beser atau merasa selalu ingin buang air kecil jelas membuat kita tidak nyaman dan bahkan bisa menghambat aktivitas. Untuk mengurangi rasa terus ingin buang air kecil, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Berolahraga kecil dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga rasa ingin buang air kecil akan berkurang. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas atau minuman hangat.

Leave a Comment