Nggak Selalu Lemah, Ini 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Selama manusia hidup, masalah memang nggak akan pernah berhenti datang. Dari masalah itu, tekanan muncul dan akan mempengaruhi kondisi mental seseorang.

Bila terlalu lama dipendam dan tidak disalurkan, tekanan tersebut akan mengakibatkan stres. Oleh karenanya, sebaiknya stres disalurkan melalui hal-hal positif. Salah satu cara yang dapat kamu coba adalah dengan menangis.

Di balik kesan buruknya, ternyata menangis menyimpan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan mental. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini Muslimahdaily rangkum dari laman HerStory. Yuk simak!

1. Meredakan stres

Manfaat yang paling utama sebenarnya dari menangis adalah dapat meredakan stres. Walaupun nggak membuat masalah selesai, namun setidaknya energi negatif yang ada di dalam tubuh dapat berkurang. Suasana hati pun jadi lebih tenang.

2. Membuat mood lebih stabil

Manfaat selanjutnya dari menangis adalah dapat meningkatkan mood dengan cara menurunkan kadar mangan. Setelah menangis, kamu akan jadi lebih semangat lagi karena kesedihan dan kesakitanmu perlahan terurai.

3. Mengeluarkan toksik dari tubuh

Selain melepas hormon stres, menangis dapat mengeluarkan racun dari tubuh, lho. Keduanya keluar bersama air mata yang turun saat menangis.

4. Membuat kita lebih sadar

Saat menangis, seseorang akan lebih sadar bahwa ada hal yang salah yang terjadi di diri dan sekitarnya. Ketika selama ini kita berada di lingkungan toksik, menangis dapat membuat kamu paham dan mulai berpikir lebih teliti apakah harus bertahan atau meninggalkan tempat tersebut.

5. Mendapat dukungan

Menangis memang bukan bertujuan ditunjukkan ke orang lain. Namun dengan menangis, kamu mungkin akan mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarmu.

Dukungan tersebut dapat membuatmu berhenti berpikir kalau kamu hidup sendirian dan nggak ada siapapun yang peduli denganmu. Terlebih lagi bila selama ini kamu memendam sendiri masalah-masalahmu. Jika terlalu lama dipendam, kamu dapat hidup tanpa ekspresi dan membuat orang lain jadi sulit berempati denganmu, lho.

Demikian 5 manfaat menangis yang dapat membantumu. Mulai sekarang, nggak perlu ragu lagi untuk menangis, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment