Sering Mengalami Vertigo? Cegah Dengan Konsumsi 5 Makanan Ini!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Pusing atau sakit kepala adalah penyakit yang lumrah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang di sekitarmu, atau mungkin kamu sendiri, pasti pernah merasakan sakit kepala.

Entah sakit kepala ringan yang biasanya dapat reda dengan sendirinya, atau sakit kepala berat yang membuat penderitanya harus menghentikan aktivitas yang dilakukannya. Kalau kamu sering merasakan sakit kepala berat, mungkin kamu terkena vertigo!

Apa itu Vertigo?

Malansir laman Alodokter, vertigo sensasi pusing kepala berputar yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh. Vertigo dapat disebabkan karena penurunan tekanan darah, dehidrasi, gangguan telinga, perubahan posisi secara tiba-tiba, dan gangguan pada sistem saraf pusat.

Penderita vertigo memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Di tingkat keparahan ringan, vertigo bisa saja hanya berlangsung selama beberapa menit. Namun di tingkat keparahan berat, vertigo bisa berlangsung berjam-jam atau berhari-hari, dan membuat penderitanya jatuh.

Gejala

Vertigo adalah penyakit yang membutuhkan penanganan segera. Jika kamu merasakan atau menemukan orang lain dengan gejala-gejala berikut, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Gejala-gejala tersebut adalah

· Anggota tubuh terasa lemah

· Penglihatan berbayang

· Kesulitan berbicara

· Pergerakan mata yang tidak normal

· Penurunan kesadaran

· Respon melambat

· Kesulitan berjalan

· Demam

Pencegahan

Seseorang yang sering terkena vertigo atau mengidap vertigo tingkat berat disarankan untuk tidak bepergian sendirian. Hal ini lantaran vertigo dapat kambuh kapan saja, dan sangat beresiko untuk meninggalkan penderita di keramaian seorang diri.

Vertigo dapat menyerang kapan pun dan di mana pun. Namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah. Simak beberapa jenis makanan berikut ini untuk mencegah vertigo datang menghampirimu!

1. Vitamin D

Dilansir dari Science Daily, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi vitamin D dan kalsium dua kali sehari dapat mengurangi resiko vertigo kambuh.

“Studi kami menyarankan orang-orang yang mengidap benign paroxysmal positional vertigo (vertigo akibat masalah di telinga bagian dalam) untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan kalsium. Cara ini mudah dilakukan dan memiliki efek samping yang rendah, untuk mencegah vertigo kambuh,” ujar Kim Ji-Soo, M.D., Ph.D., dari Universitas Nasional Seoul jurusan Kedokteran di Korea Selatan.

Vitamin D dapat ditemukan di makanan seperti salmon, susu, minyak hati ikan kod, dan sebagainya.

2. Jahe

Jahe dipercaya mampu mengurangi efek vertigo seperti pusing dan mual. Cara mudah mengonsumsi jahe adalah dengan menjadikannya sebagai air jahe atau the jahe. Potong jahe menjadi beberapa bagian lalu rebus hingga mendidih. Kamu bisa menambahkan kantung teh atau madu untuk memperkaya cita rasa.

3. Bayam

Selain vitamin D, mengonsumsi vitamin E juga tak kalah pentingnya, lho! Vitamin E, biasanya ditemukan di bayam, memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas pembuluh darah dan membantu melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darahmu lancar, tentu rasa pusing akan jarang menghampirimu karena suplai darah menuju otakmu lancar!

4. Kuning Telur

Kuning telur adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin D. Bagi penderita vertigo, kuning telur ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Salah satu cara memasak yang direkomendasikan adalah dengan direbus tanpa garam. Mengonsumsi telur dengan cara digoreng tidak disarankan karena dapat meningkatkan kandungan lemak hingga 50%.

5. Tuna

Vitamin B6 yang terdapat di tuna sangat ampuh untuk membantu mengurangi rasa pusing dan mual akibat vertigo. Selain itu vitamin B6 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Tidak hanya di tuna, kamu bisa menemukan vitamin B6 di makanan lain seperti susu, telur, wortel, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat mencegah vertigo menghampirimu! Selain mengonsumsi bahan makanan di atas, penderita vertigo juga disarankan untuk minum air putih yang cukup dan mengurangi minuman berkafein seperti kopi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment