10 Kesalahan Makeup yang Membuat Tampilan Makin Tua

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Perihal makeup memang sudah jadi bagian sehari-hari khususnya bagi para wanita. Walau demikian, masih banyak, lho di antara kita yang salah saat mengaplikasikan makeup. Ketika trik yang digunakan kurang tepat, bisa membuat tampilan jadi lebih tua.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Sahabat Muslimah harus tahu dulu nih apa saja kesalahannya. Melansir dari laman HerStory, yuk simak 10 kesalahan saat makeup yang masih sering terjadi.

1. Terlalu banyak mengaplikasikan concealer

Mengaplikasikan concealer memang ditujukan untuk menutupi dark spot di daerah bawah mata, sekaligus memberi kesan matte yang sempurna. Namun jika shade yang dipilih salah dan dipakai terlalu tebal, justru akan menciptakan kerutan dan crack. Selian itu juga membuat wajah tampak lebih tua.

Agar tidak terjadi demikian, maka Sahabat Muslimah sebaiknya memilih concealer cair yang mengandung efek glowing. Hal ini akan membuat kulitmu lebih sehat alami.

2. Terlalu banyak menggunakan maskara di bulu mata bawah

Menggunakan maskara untuk bulu mata bagian bawah biasanya bertujuan untuk menonjolkan bagian tepi dan membuat pandangan terlihat lebih ekspresif. Tapi, jika digunakan terlalu tebal, justru hanya akan menegaskan kerutan di sekitarnya. Bahkan kerutan kecil pun dapat terlihat, lho. Maka dari itu, gunakan maskara secukupnya ya.

3. Memilih warna lipstik yang kurang sesuai

Lipstik memang salah poin utama dari makeup. Maka dari itu Sahabat Muslimah nggak boleh salah memilih warna lipstik.

Jika bibir kamu cenderung tipis, maka sebaiknya menghindari lipstik berwarna gelap. Pasalnya, lipstik warna gelap justru akan membuat bibirmu terlihat lebih tipis.

4. Salah ketika mengaplikasikan dark eyeshadow

Dark eyeshadow memang cocok untuk night look makeup. Tapi ketika kamu salah mengaplikasikannya, justru akan membuat tampilan lebih tua. Dark eyeshadow tidak perlu diaplikasin ke seluruh kelopak mata, Sahabat Muslimah cukup memoleskannya di bagian sudut luar mata saja.

5. Menggunakan eyeliner di bawah mata secara berlebihan

Sebenarnya menggunakan eyeliner di bawah mata tidak benar-benar salah. Hanya saja bila diaplikasian secara berlebihan justru akan membuat mata kamu tampak lebih kecil dan sipit. Sahabat Muslimah dapat menggunakannya setipis mungkin.

6. Salah ketika memoles blush on

Penggunaan blush on di tulang pipi atas kurang cocok pada pada wajah berbentuk lonjong. Namun, cara ini pas bagi mereka yang memiliki bentuk wajah bulat.

Pilih juga warna blush on yang sesuai dengan tone warna kulit kamu, ya. Jika kulitmu cenderung terang dengan undertone pink, pilih warna pink atau peach. Sementara bila kulitmu memiliki undertone hangat, maka pilih warna oranye atau coral.

7. Salah memilih warna pensil alis

Warna alis yang terlalu gelap pekat dapat membuat tampilan jadi lebih tua. Oleh karena itu, sebaiknya pilih warna yang lebih terang dari warna alis kamu, ya.

8. Nggak menggunakan color corrector

Walau terdengar sepela, sebenarnya color corrector berperan besar pada makeup kamu, lho. Salah satunya adalah untuk menyamarkan kantung mata yang semakin gelap seiring usia bertambah. Hal ini bisa jadi trik lain selain menggunakan concealer.

9. Terlalu tebal menggunakan lip liner

Lip liner bertujuan untuk membuat garis mulut lebih jelas dan menarik. Namun, jika digunakan secara belebihan malah akan membuat tampilan kamu makin tua.

10. Terlalu tebal saat menggunakan bedak

Fungsi bedak adalah agar makeup yang digunakan dapat set secara sempurna. Tapi, kalau digunakan secara salah dan berlebihan malah akan membuat makeup jadi gagal total. Gunakan di area T-Zone untuk mengurangi minyak saja, ya.

Nah itu tadi 10 kesalahan makeup yang sebaiknya nggak Sahabat Muslimah lakukan lagi, ya. Semoga semakin ahli memoles wajah, ya.

Leave a Comment