5 Tips Mencegah Mata Kering Saat Work From Home Seharian

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Di tengah era new normal saat ini, beberapa perusahaan masih ada yang menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi para pegawainya. Alhasil, laptop, komputer, handphone dan gadget lainnya menjadi amunisi utama selama bekerja di rumah.

Mengerjakan laporan, meeting Zoom, menelepon klien, hampir seluruh pekerjaan dilakukan dengan laptop dan smartphone. Tanpa disadari, matamu terus menatap layar dari pagi, sore hingga malam.

Dilansir dari Healthline, menatap layar gadget dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi kesehatan mata. Para ahli menyarankan agar masyarakat mulai memedulikan kesehatan mata karena pandemi membuat orang-orang lebih sering menonton TV, laptop, atau memainkan smartphone.

Salah satu penyakit yang seringkali menyerang karena menatap layar gawai terlalu lama adalah penyakit mata kering.

Apa itu mata kering?

Dikutip dari Mayo Clinic, mata kering adalah kondisi saat seseorang tidak mampu memproduksi air mata untuk membasahi bola mata. Kondisi ini akan membuat matamu terasa tidak nyaman, terasa perih atau panas.

Gejala

Mata kering biasanya menyerang kedua mata sekaligus. Jika kamu merasakan gejala-gejala ini dalam waktu yang cukup lama, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Berikut ini gejala penyakit mata kering.

• Mata terasa perih, panas, atau gatal
• Terdapat untaian getah/lendir di dalam atau di sekitar mata
• Mata merah dan gatal
• Mata berair
• Mata terasa lelah
• Penglihatan buram
• Sensitif terhadap cahaya
• Kesulitan memakai contact lense
• Kesulitan untuk menyetir di malam hari

Tips Mencegah Mata Kering

1. Hindari Mata dari Hembusan Udara

Usahakan untuk tidak mengarahkan AC atau kipas langsung ke matamu. Hembusan udara yang terus-menerus mengenai matamu akan mengakibatkan penguapan air mata, yang menjadi pemicu penyakit mata kering.

2. Istirahat

Kalau pekerjaanmu menuntutmu untuk membaca atau tugas lainnya yang mengandalkan mata, pastikan untuk selalu mengambil jeda mengistirahatkan matamu. Caranya mudah, cukup menutup matamu selama beberapa menit. Atau bisa dengan mengedip-ngedipkan mata selama beberapa detik, untuk membantu air matamu menyebar ke seluruh sisi bola mata.

3. Posisikan Layar Komputer Lebih Rendah dari Pandangan Mata

Memposisikan layar komputer atau laptop lebih rendah dari pandangan mata dapat membantumu mencegah mata kering, karena artinya kamu tidak perlu membuka mata lebar-lebar.

Jika memposisikan layar komputer lebih tinggi dari pandangan mata, secara alamiah kamu akan membuka mata lebar-lebar untuk melihat layar. Hal ini dapat mempercepat proses penguapan air mata.

4. Hindari Asap

Asap dapat memperparah kondisi mata kering. Oleh karena itu, hindari asap sebisa mungkin, entah itu asap pembakaran, asap knalpot, atau asap rokok.

5. Menggunakan Tetes Air Mata

Jika kamu menderita mata kering kronis, gunakan tetes air mata secara teratur untuk menjaga mata tetap lembab.

Itulah beberapa tips untuk mencegah mata kering selama WFH. Semoga sehat selalu dan tetap semangat bekerja!

 

Last modified on Jumat, 14 Agustus 2020 11:08

Leave a Comment