Kulit Wajah Mengelupas? Yuk Lakukan 5 Cara Ini Segera

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, mungkin di antara kamu ada yang pernah mengalami masalah kulit mengelupas. Kondisi ini cukup sering terjadi di antara para perempuan, lho.

Walau demikian, ternyata kulit yang mengelupas terjadi karena beberapa faktor, di antaranya karena terlalu sering terpapar sinar matahari, kulit kering dan dehidrasi, pengaruh cuaca, infeksi, hingga jamur.

Menurut dokter kulit, Rita Linker MD, dalam laman Womenshealthmag menyarankan untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab kulit mengelupas. Pada umumnya hampir semua kondisi kulit yang menyebabkan peradangan akan mengakibatkan pengelupasan. Perawatan yang efektif dilakukan usai mengetahui penyebab mengapa kulit mengelupas.

Ketika mengalami kondisi ini, Sahabat Muslimah tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama. Melansir dari laman HerStory, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan pembersih yang lembut dan bebas pewangi

Saat kulit mengelupas, gunakan pembersih yang ringan dan lembut. Hindari juga pembersih yang mengandung parfum karena dapat meningkatkan kekeringan pada kulit.

2. Olesakan pelembab

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab secara rutin. Oleskan pelembab setelah Sahabat Muslimah mencuci wajah. Pastikan pelembab yang digunakan tidak mengandung parfum atau pewangi di dalamnya, karena kedua bahan tersebut sangat berbahaya bagi kulit mengelupas yang sangat sensitif.

Menurut American Academy of Dermatology, pelembab yang baik untuk mengatasi kulit kering biasanya mengandung shea butter, asam laktat, asam hialuronat, gliserin, dan minyak mineral.

3. Hindari produk yang membuat kulit wajah menjadi lebih kering

Kulit yang mengelupas cenderung akan lebih kering daripada biasanya. Oleh karena itu, Sahabat Muslimah harus menghindari produk-produk yang mengandung astringen, alkohol, asam alfa hidroksil, dan benzoil peroksida di dalamnya.

4. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya berfungsi sebagai anti-inflmasi untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Gel ini akan merawat kulit yang mengelupas sekaligus melembabkannya.

Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang mengelupas sebelum menggunakan sunscreen. Pilih juga sunscreen dengan SPF 30-45, ya Sahabat Muslimah.

5. Konsumsi air mineral yang cukup

Selain menggunakan rangkaian skincare yang secara langsung mengatasi kulit mengelupas, Sahabat Muslimah juga harus mendukungnya dengan cara mengonsumsi air mineral yang cukup. Karena dehidrasi nggak hanya dialami oleh tubuh, namun juga kulit.

Selain air mineral, perbanyak juga mengonsumsi buah dan sayur-sayuran dan kurangi santapan yang mengandung banyak lemak.

Itu tadi beberapa tips yang dapat Sahabat Muslimah lakukan ketika mengalami kulit wajah yang mengelupas.

Leave a Comment