5 Bahan Alami untuk Menjaga Kehalusan Kulit Tangan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Cuaca panas akhir-akhir ini membuat kulit kering dan mudah mengelupas. Tekstur kulit yang kasar pasti membuatmu tidak nyaman. Terutama tangan. Ditambah lagi dengan seringnya kita mencuci tangan dengan air dan sabun sehingga membuat hilang kelembutannya.Tangan dengan kulit kering dan kasar terasa tidak nyaman.

Tangan kering memang terasa mengesalkan, tetapi sebenarnya, ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanganmu terasa lebih lembut dan lembab. Dilansir dari Stylecraze, berikut 5 bahan yang bisa melembutkan tanganmu.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit, serta meningkatkan kadar lipid di permukaan kulit. Lipid adalah lapisan kulit paling luar yang membuat kulit lembut dan lembap. Karena itu pemakaian minyak kelapa yang rutin, sekitar 1-2 kali dalam sehari, bisa membuat tanganmu terasa lebih lembut.

Kamu cukup mengoleskan 1-2 sendok the minyak kelapa di kedua tanganmu. Biarkan semalaman atau selama beberapa jam agar minyak menyerap ke dalam kulit. Kamu bisa menggunakan sarung tangan karet agar minyak kelapa lebih meresap ke kulit tangan.

2. Oatmeal

Studi dari PubMed menyatakan oatmeal terbukti dapat melembapkan kulit dan memperbaiki kerja kulit pelindung. Tidak diragukan lagi oatmeal dapat memulihkan kondisi tangan kering dan membuat tanganmu lebih lembut.

Cara pemakaiannya adalah dengan mencampur satu sendok teh bubuk oatmeal (oatmeal yang dihaluskan) dan setengah sendok teh minyak kelapa. Aduk rata dan bubuhkan di tanganmu. Diamkan selama 10-15 menit setelah itu cuci di bawah air mengalir. Lakukan sehari sekali.

3. Madu

Sejak zaman dahulu, madu sudah digunakan untuk mempercantik diri. Tak salah, sebab madu terbukti dapat melembutkan, melembapkan, dan menutrisi kulit menurut PubMed. Oleh karena itu, madu adalah bahan yang sangat baik untuk menghaluskan tanganmu.

Untuk mendapatkan hasil kulit tangan halus maksimal, disarankan untuk menggunakan madu murni. Bubuhkan madu murni secukupnya di kedua tanganmu. Diamkan selama 15-20 menit setelah itu cuci dengan air mengalir. Lakukan langkah ini 1-2 kali dalam sehari.

4. Kuning Telur

Kuning telur adalah bahan yang kaya akan lecithin, zat berlemak esensial yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Lecithin di dalam kuning telur bersifat melembutkan dan memperbaiki kondisi kulit yang kurang baik. Banyak perusahaan kosmetik kulit di luar sana yang menggunakan lecithin di produknya.

Tidak sulit mengolah bahan ini. Kamu cukup mengocok-ngocok kuning telur lalu oleskan di kedua tanganmu. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci tanganmu dengan mild soap untuk menghilangkan bau tak sedap dari kuning telur. Sebaiknya kamu melakukan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu.

5. Minyak Almond (Sweet Almond Oil)

Beberapa tahun belakangan minyak almond mulai menjadi trendsetter untuk merawat tubuh. Hal itu karena minyak almond mengandung asam lemak yang bisa memperbaiki kondisi kulit dan membuat tangan lebih halus.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Kamu hanya perlul mengoleskan minyak almond ke seluruh kulit tanganmu. Biarkan minyak almond meresap ke kulitmu. Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur. Lakukan sekali dalam sehari.

Cara Mencegah Kulit Tangan Kering dan Kasar

Lima bahan yang disebutkan sebelumnya memang dapat memulihkan tangan kering. Namun, alangkah lebih baik jika kamu bisa mencegah kulit tanganmu menjadi kering dan kasar. Berikut ini beberapa caranya.

· Mengurangi kontak langsung terlalu sering dengan sabun atau deterjen. Kedua bahan ini bersifat basa yang membuat kulit tangan lebih cepat kering. Jika pekerjaan atau hobimu menuntutmu untuk sering bersentuhan dengan sabun/deterjen, gunakan sarung tangan untuk meminimalisir dampaknya di kulit tanganmu.

· Gunakan pelembap ruangan untuk menjaga kelembapan udara.

· Mengontrol stres. Stres berlebihan dapat membuat kondisi kulitmu buruk.

· Hindari menggunakan air dryer untuk mengeringkan tanganmu. Gunakan tisu.

· Lakukan lulur di tanganmu seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati yang membuat tanganmu kering.

Itulah lima bahan yang dapat menjaga kehalusan kulit tanganmu! Semoga bermanfaat.

Leave a Comment