Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, tahukah kamu kalau terdapat perbedaan kulit kering dan kulit dehidrasi? Yap, benar sekali. Mungkin kita sudah tidak awam dengan kulit kering dengan segala tips mengatasinya.

Tapi masih sedikit di antara kita yang paham mengenai kulit dehidrasi. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat berbeda begitu pula cara penanganannya. Agar tak salah, yuk kita cari tahu perbedaannya di bawah ini.

Melansir dari laman HerStory, simak rangkumannya berikut ini.

Kulit kering

Kulit kering sendiri merupakan jenis kulit dan bukan kondisi kulit. Seperti yang kita tahu, jenis kulit terdiri dari kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Jenis kulit kering biasanya ditandai dengan bagian luar yang terasa kencang dan terasa seperti ditarik beberapa menit setelah mencuci wajah. Ciri lainnya adalah bertekstur kasar. Hal tersebut lantaran kuranganya kandungan minyak yang terdapat di kulit sehingga kehilangan kelembapannya.

Walau masuk ke dalam salah satu jenis kulit, namun kulit kering umumnya dialami oleh kalangan orang tua. Pasalnya, semakin bertambah umur, kulit juga kehilangan kemampuan untuk menghasilkan minyak yang cukup.

Dalam kasus lain, Dr Joshua Zeinchner, MD, FAAD, seorang ahli kulit bersertifikat mengatakan bahwa kulit kering adalah gejala dari kondisi kronis eksim, yang disebabkan oleh protein yang rusak di kulit. Mereka yang mengalami eksim biasanya memiliki kulit kering yang terlihat lebih bersisik.

Sahabat Muslimah yang memiliki kulit kering, sebaiknya menggunakan produk skincare yang fokus utamanya adalah menghidrasi kulit. Pilih produk yang berbahan dasar minyak atau aloevera agar dapat melembapkan kulit.

Kulit dehidrasi

Beda dengan kulit kering, kulit dehidrasi sebenarnya merupakan kondisi kulit. Baik kulit kering atau kulit berminyak sekalipun dapat mengalami kondisi dehidrasi ini. Nah, kondisi kulit dehidrasi ini cenderung bersifat sementara dan dapat diatasi.

Penyebeb kulit dehidrasi pun beragam, mulai dari rusaknya skin barriers, faktor lingkungan, hingga terlalu berlebihan saat membersihkan kulit. Biasanya, kulit yang dehidrasi ditandai dengan kulit tampak kusam, kurang bercahaya, dan pucat.

Untuk mengatasi kulit dehidrasi, para ahli merekomendasikan produk skincare yang mengandung hialuronat atau gliserin karena sangat efektif dalam melembapkan sel kulit yang dehidrasi.

Nah itu tadi perbedaan kulit kering dan kulit dehidrasi. Mulai sekarang, Sahabat Muslimah bisa lebih bijak lagi, nih dalam memberikan perawatan wajah.

Leave a Comment