5 Manfaat Luar Biasa yang Didapatkan Saat Kamu Banyak Tersenyum

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Tersenyum merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, walaupun terkadang kita sedang merasa tidak mood untuk tersenyum. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya tersenyum memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Melansir dari laman Very Well Mind, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa hanya dengan tersenyum dapat memiliki manfaat jangka pendek dan jangka panjang baik bagi kesehatan dan kesejahteraan orang di sekitar kita.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut 5 manfaat dari tersenyum yang sudah Muslimahdaily rangkum. Yuk simak!

1. Senyum Meredakan Stres

Ketika kita mengalami stres, maka hal itu akan terlihat jelas di wajah kita. Bukan hanya membantu mencegah kita terlihat lelah dan kewalahan, tersenyum juga bisa mengurangi stres yang kita rasakan. Maka dari itu, ketika merasa stres luangkan waktu untuk tersenyum walau sedikit dan rasakan manfaatnya.

2. Senyum Itu Menular

Bukan hanya membuat suasana hati menjadi lebih baik, tersenyum juga bisa menular, lho! Bagian dari otak kita yang memiliki tanggung jawab untuk mengontrol ekspresi wajah dari senyuman merupakan area respon yang otomatis dan tidak kita sadari.

Maka dari itu bisa jadi kita terkadang tidak sadar kalau sedang tersenyum terlebih saat kita memiliki kebiasaan meniru senyum orang lain.

3. Senyum Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Secara keseluruhan kesehatan kita akan meningkat ketika terbiasa tersenyum. Karena sebenarnya, tersenyum membantu sistem kekebalan manusia bekerja lebih efektif. Fungsi kekebalan diperkirakan akan lebih rileks berkat pelepasan neurotransmitter dalam tubuh akibat tersenyum.

4. Tersenyum Menurunkan Tekanan Darah

Saat kita tersenyum terdapat penurunan tekanan darah yang dapat diukur. Jika Sahabat Muslimah memiliki alat pengukur tekanan darah maka boleh mencoba hal ini sendiri. Caranya mudah, cukup duduk selama beberapa menit sambil membaca. Kemudian tersenyum sebentar dan kembali membaca dengan tetap tersenyum. Pasti akan terasa perbedaannya nanti.

5. Senyum Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Selain membuat kita terlihat lebih menarik, tersenyum juga bisa membuat kita terlihat lebih muda. Hal ini terjadi karena otot yang kita gunakan saat tersenyum juga ikut mengangkat wajah dan membuat seseorang akan tampak lebih muda.

Daripada mencoba facelift, biasakan saja tersenyum setiap saat, maka pasti akan terasa efeknya dan wajah terlihat lebih muda.

Sekarang sudah tahu ‘kan manfaat dari tersenyum? Selain 5 manfaat di atas, tersenyum juga termasuk ibadah lho. Jadi mulai sekarang sering-seringlah tersenyum baik untuk diri sendiri atau orang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment