4 Tips yang Ampuh Mengatasi Beruntusan di Dahi

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu masalah wajah yang kerap dialami wanita adalah beruntusan. Beruntusan sendiri muncul di beberapa area wajah, namun lebih sering terjadi di dahi.

Beruntusan merupakan jenis jerawat yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori. Karena terlihat jelas dan menggangu tekstur wajah, kemunculannya ini sering membuat wanita jadi kurang percaya diri.

Namun, jangan khawatir. Berikut ini Muslimahdaily rangkum tips mengatasi beruntusan yang dilansir dari laman HerStory. Yuk simak!

Double cleansing di malam hari

Saat beruntusan muncul di wajah, teknik double cleansing cukup penting dilakukan. Sahabat Muslimah dapat menggunakan cleansing oil atau cleansing balm yang sesuai dengan jenis kulit. Kemudian lanjutkan dengan facial foam. Lakukan double cleansing di malam hari setelah memakai makeup selama seharian.

Sahabat Muslimah juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada produk double cleansing. Pilih yang berbahan dasar gel atau creamy. Pastikan juga tidak terdapat fragrance dan alkohol di dalamnya, ya. Karena dapat menimbulkan iritasi.

Eksfoliasi

Selain double cleansing, membersihkan wajah juga dapat dilakukan dengan mengeksfoliasi. Pilih produk eksfoliasi yang lembut seperti chemical exfoliate berupa toner yang menggandung AHA/BHA dan hindari pemakaian peel off ya.

Karena sudah menggunakan double cleansing, eksfoliasi sebaiknya nggak dilakukan setiap hari. Cukup 2-3 kali dalam seminggu. Teknik ini juga sebaiknya nggak dilakukan saat beruntusan masih meradang untuk mencegah munculnya iritasi.

Gunakan sunscreen secara rutin

Di antara rangkaian produk skincare, sunscreen memang yang paling penting dan utama. Selain itu, paparan sinar UVA dan UVB pada kulit yang beruntusan dapat menyebabkan produksi sebum meningkat sehingga terjadi penyumbatan minyak di pori-pori. Akibatnya, terjadi inflamasi dan beruntusan makin parah deh.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan Sahabat Muslimah rutin menggunakan sunscreen di pagi hari dan menggunakan ulang dengan durasi 3 jam sekali.

Mengonsumsi makanan sehat

Makanan yang kurang sehat juga menjadi salah satu faktor munculnya beruntusan di dahi. Pasalnya, makanan yang mengandung gula tinggi dan minyak berlebih dapat memicu produksi insulin berlebih. Hal tersebut menyebabkan produksi sebum yang berlebihan dan menjadi beruntusan.

Untuk mengurangi munculnya beruntusan, Sahabat Muslimah bisa mulai mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

Itu tadi beberapa tips mengatasi beruntusan di dahi. Semoga bermanfaat.

Last modified on Minggu, 04 Oktober 2020 16:38

Leave a Comment